Ini Tips Berboncengan dengan Posisi Menyamping

  • Selasa, 05 Juli 2022 - 13:21:45 WIB | Di Baca : 1543 Kali


SeRiau - PEKANBARU – PT Capella Dinamik Nusantara (PT CDN) Main Dealer Honda wilayah Riau konsisten mengajak generasi muda untuk menjadi bagian dari generasi #Cari_aman. Bertemakan “Generasi Muda #Cari_aman“, edukasi safety riding kali ini dilaksanakan di SMKN 3 Mandau yang berlokasi di Jalan Raya Duri Dumai KM.18 Sebangar Kec. Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis dengan jumlah peserta 83 siswa/i perwakilan masing-masing kelas.

Kepala Sekolah SMKN 3 Mandau Agus Subagiyo ST MSi menyampaikan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi siswa/i dalam meningkatkan keterampilan siswa dalam berkendara aman nantinya setelah mereka memiliki umur cukup dan SIM. 

"Kami berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh PT Capella Dinamik Nusantara dalam menyelenggarakan kegiatan edukasi safety riding, semoga kerjasama ini terus terjalin di kemudian hari serta menjadi agenda tahunan untuk SMKN 3 Mandau. Harapan kami bagi peserta semoga bisa mengaplikasikan ilmu yang didapat, jauh dekat #Cari_aman," ujar Kepala Sekolah SMKN 3 Mandau Agus Subagiyo ST MSi kepada awak media, Selasa (5/7).

Loading...

Setiap pengendara memiliki beragam tujuan didalam berkendara. Agar tujuan tersebut tercapai, kesadaran akan aman berkendara dibarengi dengan ilmu aman berkendara sangat dibutuhkan salah satunya berboncengan yang aman. Didalam suatu situasi sebagian orang akan membonceng dengan posisi menyamping. Membonceng dengan posisi menyamping tidak disarankan, namun jika kondisi terdesak ada cara yang tetap aman saat membonceng dengan posisi menyamping.

Saat  bonceng menyamping, tangan pembonceng diposisikan memegang pinggul pengendara di sisi kanan dan tangan kirim berada di atas lutut kiri sendiri. Hindari berpegangan pada behel belakang sepeda motor karena berpotensi mengganggu keseimbangan dan handling.

Kemudian, pembonceng menggunakan perlengkapan berkendara lengkap seperti helm, jaket, sarung tangan, sepatu dan celana panjang. Lalu, perhatikan pakaian dan perlengkapan. Pastikan rok tidak berpotensi tersangkut pada rantai dan roda sepeda motor atau pakaian tidak menutupi lampu sein dan lampu rem belakang.

"Selain itu pastikan pengendara mengatur kecepatan dengan baik, khususnya saat menikung," ujar Instruktur Safety Riding PT Capella Dinamik Nusantara (PT CDN) Riau Arif Rahman Hakim.

Sementara itu Sales Dept Head PT Capella Dinamik Nusantara Jonny Winata menyampaikan, fitur keselamatan yang ada di Produk Honda, Instruktur Safety Riding yang tersertifikasi dan materi safety riding yang bermanfaat bagi peserta merupakan bukti kesetiaan Honda menemani masyarakat dalam menghadirkan pengalaman berkendara yang aman.  

"Kesadaran akan aman berkendara dibarengi dengan ilmu aman berkendara sangat dibutuhkan kita agar selamat dijalan. Kami akan selalu mengajak masyarakat untuk #Cari_Aman saat berkendara dengan mengadakan edukasi dan training safety riding sebagai kontribusi kami bagi masyarakat untuk mengurangi angka kecelakaan," ujar Jonny. ( rls)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar