BPBD Dumai : Sudah 174 Hektar Lahan Terbakar Di Enam Kecamatan Di Dumai

  • Senin, 18 Oktober 2021 - 06:41:33 WIB | Di Baca : 9096 Kali

 

 

SeRiau-Dumai-Gelombang panas yang berlangsung dalam beberapa hari belakangan ini di Dumai Riau, mengakibatkan 174 hektar lahan semak belukar terbakar yang terletak di enam kecamatan. Kini sebagian wilayah sudah padam dan sisanya dalam pendinginan.

Loading...

Kepala BPPD Dumai, Anora, Minggu (17/10) mereleas hampir dua pekan kebakaran hutan dan lahan melanda enam kecamatan di Dumai dan mencapai 174, 24 hektar lahan terbakar.

"Benar memasuki pekan kedua di bulan Oktober ini sudah 174,24 hektar lahan terbakar, kebakaran dipicu gelombang panas yang melanda wilayah Riau saat ini, ujarnya.

Untuk hari ini saja di Dumai telah terbakar sekitar 174,24 hektar lahan yang tersebar di 6 Kecamatan. Berikut Laporan luas lahan yang terbakar pada tanggal 17 Oktober 2021 dengan rincian sebagai berikut.

Berikut rincian data lahan terbakar dari BPBD Dumai : Kec. Sungai Sembilan luas lahan yang terbakar  133,74 hektare yang  berada di Kelurahan Batu Teritip seluas 8,38 hektar, Kelurahan Lubuk Gaung 121,35 hektar dan Kelurahan Bangsal Aceh sebanyak 4 hektar.

Kecamatan Medang Kampai luas lahan yang terbakar12,51 hektar yang tersebar di Kelurahan Mundam 9,01hektar, Kelurahan Guntung 1 hektar dan Kelurahan Teluk Makmur 2,5 hektar

Kecamatan Bukit Kapur luas lahan terbakar   12,5 hektar tersebar di Kelurahan Bukit Kayu Kapur 1,5 hektar, Kelurahan Gurun Panjang seluas 10 hektar dan Kelurahan Kampung Baru 1 hektar

Kecamatan Dumai Barat lahan terbakar 6 hektar terdapat di Kelurahan Bagan Keladi seluas 6 heltar

Kecamatan Dumai Timur lahan terbakar 8,5 hemtar yang terdapat di Kelurahan Tanjung Palas 8,5 hektar

Kecamatan Dumai Selatan   1 hektar yang berada di Kelurahan Bukit Timah 0,25 hektar, Kelurahan Ratu Sima 0,25 hektar dan Kelurahan Bukit Datuk 0,5 hektar

Sementara itu, informasi dari BMKG Pekanbaru, titik panas atau hotspot masih  terdapat di Kabupaten dan kota di Riau. Seperti : 

- Bengkalis = 1

- Kep.Meranti = 1

- Kampar = 7

- Dumai = 2

- Kuantan Singingi = 5

- Pelalawan = 13

- Rokan Hilir = 19

- Rokan Hulu = 4

- Siak = 10

- Indragiri Hilir = 2

- Indragiri Hulu = 1

Dengan adanya kebakaran lahan ini juga menjadi peringatan dini untuk masyarakat Riau, Dumai khususnya agar lebih waspada akan terjadi cuaca buruk, waspada hujan dengan intensirtas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi akan terjadi di wilayah Kab, Rokan Hulu, Kab. Rokan Hilir, Kota Dumai, Kota Pekanbaru, Kab, Kampar, Kab. Bengkalis, Kab. Siak, Kab. Kuantan Singingi, Kab. Indragiri Hulu dan Kab. Indragiri Hilir pada malam dan dini hari. (Penulis : Dedi Iswandi/ Okta)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar