Pengumuman Kelulusan Siswa SMA Diumumkan Malam Hari, Ini Alasan Kepala Sekolah

  • Senin, 03 Mei 2021 - 23:17:34 WIB | Di Baca : 173 Kali

 

Seriau,- Pengumuman kelulusan siswa SMA dan MA diumumkan serentak, Senin (3/5). Pengumuman kelulusan SMA/MA dimasa pandemi covid ini berbeda dengan tahun lalu. Kebanyakan sekolah mengumumkan kelulusan siswa malam hari.

"Aturan pengumuman kelulusan siswa telah dikeluarkan oleh Disdik Riau, Senin (3/5) rentang waktu mulai jam 20.00 hingga 24.00 wib. Pengumuman kelulusan tergantung sekolah, jam berapa diumumkan. Tapi, yang jelas pengumuman rentang waktu jam 8 malam hingga 12 malam," kata Kepala SMAN 3 Pekanbaru H. Erdani. SPd, Senin (3/5) di Pekanbaru

Loading...

Dikatakan Erdani, pengumuman kelulusan siswa SMAN 3 Pekanbaru diumumkan jam 9 malam melalui webside sekolah. Siswa bisa melihat hasil pengumuman kelulusan di rumah dan dimana saja. Kebijakan pengumuman kelulusan diumumkan dimalam hari, kata Erdani yang juga ketua MKKS SMAN Pekanbaru ini, untuk menghindari perayaan kelulusan siswa seperti aksi konvoi dan ugal-ugalan dijalan raya yang bisa menganggu ketertiban umum merayakan kelulusan. Mencegah aksi coret coretan baju. Berbeda, jika kelulusan diumumkan sore hari, aksi perayaan kelulusan sering terjadi.

" Makanya, alasan kita umumkan kelulusan jam 9 malam guna menghindari hal hal yang tak diinginkan saat pengumuman kelulusan siswa," kata Erdani.

Sekolah lain yang mengumumkan kelulusan di malam hari yakni SMAN 2 Pekanbaru. Menurut Kepala SMAN 2 Pekanbaru Drs. Kasim, pengumuman kelulusan siswa SMAN 2 Pekanbaru diumumkan jam 10 malam. Pengumuman kelulusan siswa malam hari baru pertama kali dilakukan. Pengumuman kelulusan di masa pandemi covid ini, tentu ada alasan diantara mencegah terjadinya kerumunan saat kelulusan siswa. Di malam hari, siswa tidak bisa merayakan kelulusan karena siswa berada dirumah masing masing. Pengumuman kelulusan siswa SMAN 2 Pekanbaru melalui webside sekolah.

" Kita sengaja pengumuman dilakukan jam 10 malam. Kalau jam jam 8 malam, khwatir siswa masih berkumpul dengan teman teman sekelasnya, tapi kalau sudah jam10 malam, siswa sudah berada di rumah. Oleh sebab itu, kita umumkan  jam10 malam dan orangtua harus mengawasi jangan sampai anaknya keluar rumah jam 10 malam," kata Kasim, Senin, (3/5) di Pekanbaru.

Mengenai teknis pengumuman siswa, kata Kasim, diserahkan ke sekolah yang menentukan jam berapa diumumkan sesuai dengan arahan surat edaran Kadisdik Riau." Teknisnya tergantung sekolah.  Diumumkan malam hari agar tidak ada perayaan kelulusan siswa," sebut Kasim

Hal sama juga dilakukan oleh SMAN 11 Pekanbaru. Pengumuman kelulusan siswa juga dilakukan jam 9 malam guna mencegah kerumunan siswa, menghindari konvoi dan coret coretan baju saat perayaan kelulusan. Apalagi saat ini bulan ramadhan. Alasan lainnya, menghindari terjadinya klaster perayaan kelulusan siswa." Jangan sampai ada parayaan dan muncul klaster covid kelulusan siswa. Itu sebabnya, kita siasati pengumuman kelulusan malam hari," kata Kepala SMAN 11 Pekanbaru Suprapto, Senin (3/5) malam melalui WA (zal)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar