Dubes China di Israel Tewas, Jenazahnya Akan Dijemput Satu Tim

  • Senin, 18 Mei 2020 - 22:42:11 WIB | Di Baca : 1817 Kali

SeRiau - China dikabarkan sedang mengirim tim ke Israel untuk memulangkan jenazah duta besarnya yang tewas di sana.

Hal tersebut diungkapkan oleh sebuah sumber diplomatik Israel pada Senin (18/5/2020).

Para pejabat China akan tiba di Israel "dalam beberapa hari mendatang," ucap sumber tersebut yang enggan disebut namanya.

Namun tidak diketahui secara pasti apakah para utusan China itu akan dikarantina dulu selama 14 hari, sebelum diizinkan memasuki Israel.

Seperti yang diketahui, karantina 14 hari adalah salah satu upaya pencegahan penyebaran virus corona.

Mendiang Dubes China di Israel Du Wei (57) ditemukan tewas di rumah dinasnya di Herzliya, Tel Aviv, pada Minggu (17/5/2020).

Terkait peristiwa ini, Israel telah mengirim ahli forensik dan polisi ke tempat kejadian sebagai bagian dari prosedur diplomatik, kata polisi setempat.

Kementerian Luar Negeri China pada Minggu mengatakan bahwa "alasan kesehatan" adalah dugaan penyebab kematian Du, tetapi kepastian sebenarnya belum ditemukan.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian menerangkan, Beijing akan "melakukan yang terbaik dalam pemakaman ini."

Profil singkat Du Wei

Du (57) baru ditunjuk sebagai Dubes China di Israel pada Februari setelah sebelumnya menjabat sebagai Dubes China di Ukraina.

Pria ini telah menikah dan memiliki seorang putra, tetapi keluarganya baru akan bergabung ke Israel.

Ia menetap di pinggiran Tel Aviv, tepatnya di Herzliya.

Ketika Du tiba di Israel pada 15 Februari, ia langsung mengisolasi diri selama 2 minggu karena pembatasan virus corona.

Dalam wawancara dengan surat kabar Israel Makor Rishon bulan lalu, Du mengatakan China telah dijadikan kambing hitam dunia.

"Dalam sejarah, lebih dari sekali, sekelompok orang tertentu dituduh menyebarkan pandemi," katanya.

"Itu tidak bisa diterima dan harus dikecam. Penyakit ini adalah musuh seluruh umat manusia dan dunia harus melawannya bersama."

Pada Jumat (15/5/2020) Kedubes China di Israel melontarkan komentar pedas kepada Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, yang mengkritik penanganan China terhadap pandemi virus corona, saat berkunjung ke Israel.

Dalam tanggapan yang dipublikasikan di Jerusalem Post, kedutaan yang dipimpin Du Wei itu mengecam "komentar tidak masuk akal" Pompeo, dan menyangkal China telah menutup-nutupi krisis ini. (**H)


Sumber: KOMPAS.com





Berita Terkait

Tulis Komentar