Pencipta Komik Asterix, Albert Uderzo Meninggal Dunia

  • Selasa, 24 Maret 2020 - 18:51:01 WIB | Di Baca : 2860 Kali

SeRiau - Komikus Prancis legendaris, Albert Uderzo yang terkenal berkat serial komik Asterix meninggal dunia di usia ke-92, Selasa (23/3) sore waktu Indonesia.

AFP melaporkan salah satu pencipta serial komik ikonis dan legendaris tersebut meninggal dunia karena serangan jantung, dan bukan terkait dengan pandemi Covid-19.

"Albert Uderzo meninggal dunia kala tidur di rumahnya di Neuilly, setelah sebuah serangan jantung yang tak terkait dengan virus corona," kata menantunya, Bernard de Choisy kepada AFP.

"Dia mengalami kelelahan yang parah selama beberapa pekan terakhir," lanjutnya.

Albert Uderzo menciptakan seri komik Asterix bersama dengan Rene Goscinny setelah keduanya bertemu pada 1951. Delapan tahun kemudian, Goscinny menjadi editor majalah Pilote dan Uderzo menjadi direktur artistiknya.

Majalah Pilote itulah wadah pertama kali keduanya mengenalkan karakter Asterix kepada publik, yang dikenal sebagai prajurit sebuah desa terpencil kaum Galia yang memiliki kekuatan khusus dan selalu menolak dijajah Romawi.

Dalam seri tersebut bukan hanya Asterix yang terkenal, melainkan juga sahabatnya yang berbadan tambun, Obelix yang memiliki kemampuan super tanpa harus minum jamu magis dan gemar akan celeng panggang.

Pada 1961, serial yang rilis lewat majalah tersebut dibuat dalam versi komik satuan. Kemudian pada 1967, duo itu meninggalkan pekerjaan mereka di majalah dan mendedikasikan hidup mereka di kisah Asterix.

Rene Goscinny diketahui meninggal dunia pada 1977. Pekerjaannya menulis dipegang sekaligus oleh Uderzo yang juga menggambar komik tersebut. Albert Uderzo kemudian baru pensiun pada 2011.

Sebuah tim yang terdiri dari penulis Jean-Yves Ferri dan ilustrator Didier Conrad mengambil alih tugas Goscinny dan Uderzo pada 2013 yang membuat seri komik Asterix terus tayang hingga kini.

Kisah Asterix dan petualangannya juga sudah diadaptasi dalam bentuk film. Diberitakan Deadline, tercatat ada 14 film adaptasi kisah si prajurit Galia itu, yang teranyar adalah Asterix: The Secret of the Magic Potion, yang mendulang pendapatan sebesar U$46 juta secara global. (**H)


Sumber: CNN Indonesia





Berita Terkait

Tulis Komentar