Senegal Konfirmasi Kasus Pertama Positif Corona

  • Selasa, 03 Maret 2020 - 06:22:47 WIB | Di Baca : 1707 Kali

SeRiau - Senegal mengkonfirmasi kasus pertama positif corona di negaranya. Kasus ini adalah kedua yang terkonfirmasi di Benua Afrika.

Menteri Kesehatan Senegal, Diouf Sarr, mengatakan seorang pria Prancis yang tinggal di Senegal mengunjungi Prancis pada pertengahan Februari. Dia tertular virus COVID-19 itu sebelum kembali ke Afrika Barat dan sempat dikarantina.

"Hasil tes yang dilakukan oleh Institut Pasteur di Dakar kembali positif," kata Sarr kepada wartawan Senin (2/3) waktu setempat seperti di lansir AFP, Selasa (3/3/2020).

"Sejauh ini kondisi pasien belum menimbulkan kekhawatiran yang besar," imbuhnya.

Pasien adalah, ayah dari dua anak yang tinggal di Senegal selama kurang lebih dua tahun. Dia sempat tinggal di Kota Nimes di Prancis Selatan pada bulan lalu.

Pria itu kembali ke Senegal pada 26 Februari, dia kemudian pergi ke pusat medis dan mengalami demam dengan suhu badan 39 derajat celcius. Pria itu juga mengalami sakit tenggorokan dan sakit kepala.

Sarr mengatakan saat itu dia menghubungi unit waspada corona dan kemudian dia dikarantina.

"Sistem pengawasan dan tanggapan untuk COVID-19 telah didukung dan semua tindakan diambil untuk mengatasi penyakit ini," ungkap Sarr.

Sarr meminta masyarakat untuk tetap tenang dan dia sangat percaya diri dengan sistem pertahanan kesehatan Senegal.

Kasus corona pertama di Benua Afrika tercatat di Nigeria. Di mana seorang warga Italia membawa virus dari negara asalnya. (**H)


Sumber: detikNews





Berita Terkait

Tulis Komentar