Nurhakim Jurusan Geologi Raih IPK Tertinggi 3,89, Rektor Beberkan Prestasi Akademik di Wisuda UIR 2020

  • Sabtu, 01 Februari 2020 - 17:50:41 WIB | Di Baca : 1651 Kali

 

SeRiau,- Nurhakim, mahasiswa Program Studi Geologi Fakultas Teknik, meraih Indeks Prestasi Komulatif (IPK) tertinggi dari 1.484 mahasiswa yang diwisuda Rektor Universitas Islam Riau Prof Dr H Syafrinaldi, SH, MCL pada Wisuda Pascasarjana, Sarjana dan Diploma Periode I Februari 2020 yang dilaksanakan dalam sidang Terbuka Senat UIR, Sabtu (1/2/2020). Tujuh dari wisudawan berkewarganegaraan Thailand yang kuliah pada Fakultas Agama Islam, FKIP dan Pascasarjana.

Pemuncak nilai tertinggi kedua diraih Fitri Wulandari dari Prodi Ekonomi Islam Fakultas Agama Islam dengan IPK 3,82. Menyusul kemudian Aminah Cahya Ningrum (IPK 3,81 Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan), Jessy Rahayu (IPK 3, 79 Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi), Sofi Mak Rifah (IPK 3,79 Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian), Meilisa Kurnia Putri (IPK 3,77 Prodi Kriminologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), Ravinsca Ananda Natasya (IPK 3,74 Prodi Ilmu Hukum Fakultas Hukum), Fadli Reza Widodo (IPK 3,70 Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi), dan Gustia Hendri (IPK 3,93) dari Prodi Ilmu Administrasi Padscasarjana).

Atas prestasi para pemuncak, Rektor UIR memberi penghargaan berupa uang tunai Rp 2 juta untuk peraih IPK tertinggi tingkat Universitas dan masing-masing Rp 1 juta buat pemuncak fakultas.

Kepada wisudawan Rektor berpesan untuk menghormati dan menyayangi kedua orangtua  yang sudah bersusah payah mengandung, melahirkan, membesarkan, mendidik dan membiayai  untuk studi di UIR, sehingga telah mengantarkan mereka semua menjadi ahli madya, sarjana dan magister dan insya Allah kelak anda semua menjadi generasi penerus bangsa yang membanggakan dengan penuh keberhasilan di dunia dan akhirat.

"Jangan sekali-kali menyakiti hati mereka dengan sikap dan lisan kita. Kita semua bisa berhasil adalah karena mereka, orang tua kita. Mari kita berikan penghargaan dan applause kepada mereka semua serta mendoakan semoga mereka senantiasa sehat dan bahagia. Mudah-mudahan anak-anak kita yang diwisuda hari ini akan sukses dalam mendapatkan pekerjaan dan mencapai cita-citanya di tengah-tengah masyarakat, bangsa dan negara," pungkasnya.

Jumlah mahasiswa UIR saat ini tercatat 27.410 orang, tersebar di 42 program studi dan alumni sebanyak 55.336 orang. Rektor menyampaikan terima kasih kepada YLPI Riau bersama sivitas akademika, LLDIKTI Wilayah X, Pemerintah Daerah dan masyarakat yang telah mendorong kemajuan UIR hingga lembaga pendidikan itu berusia 58 tahun. Beberapa prestasi akademik yang dicapai UIR dalam satu tahun terakhir, disampaikan Rektor, membaiknya peringkat riset secara nasional. Relis Kemristekdikti RI pada 19 November 2019 UIR berada pada posisi ranking 72 pada Cluster Utama dari 4.700 Perguruan Tinggi di Indonesia. Tahun 2017 posisi UIR ada di urutan 1.700 nasional.

Di luar itu terbitnya SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI tentang Izin Pembukaan Program Studi Doktor (S3) Hukum. ''Ini merupakan program Studi Doktor pertama di Sumatera yang diselenggarakan PTS,'' tandas Syafrinaldi.

Kebanggaan lain, 18 Program Studi di UIR dari 10 Fakultas dan Program Pascasarjana sudah berakreditasi Internaional oleh Accreditation Services For International Colleges and Universities (ASIC) United Kingdom. ''UIR satu-satunya PTS di Sumatera yang memiliki akreditasi internasional,'' tambah Rektor.

Di samping itu terdapat tiga fakultas bersertifikasi ISO 9001:2015, yaitu Fakultas Hukum, FAI dan FISIPOL. Prestasi lain, bertambahnya jumlah dosen yang menyelesaikan program doktor baik di dalam maupun di luar negeri. Juga guru besar yang sekarang mencapai 12 orang atau 50% dari jumlah profesor di LLDIKTI Wilayah X. (zal/rls)





Berita Terkait

Tulis Komentar