Yunani Akhirnya Punya Presiden Wanita Pertama

  • Rabu, 22 Januari 2020 - 23:05:52 WIB | Di Baca : 1344 Kali

SeRiau - Yunani akhirnya punya Presiden wanita pertama dalam sejarah. Sosok tersebut bernama Katerina Sakellaropoulou.

Dilansir Reuters, wanita berusia 67 tahun ini baru saja dinobatkan sebagai wanita pertama yang mengisi jabatan Presiden Yunani setelah memenangkan pemilihan di parlemen pada Rabu (22/1).

Sakellaropoulou yang saat ini menjabat Ketua Dewan Negara --mahkamah administratif tertinggi Yunani-- akan menggantikan Presiden Prokopis Pavlopoulos usai masa jabatannya berakhir pada Maret mendatang.

Sakellaropoulou mengantongi dukungan dari 261 dari 300 anggota parlemen. Politikus dari partai konservatif itu juga mengantongi dukungan dari anggota parlemen yang berasal dari pihak oposisi, seperti partai sayap kiri, Syriza, yang kalah dalam pemilihan umum Juli 2019 lalu.

Dalam sejarah politik Yunani, Sakellaropoulou juga merupakan wanita pertama yang menjabat Ketua Dewan Negara setelah didukung partai sayap kiri pada masa itu.

Sakellaropoulou selama ini dikenal aktif di media sosial dan telah menulis berbagai jurnal mengenai perlindungan lingkungan. Ia juga mengetuai lembaga masyarakat dalam bidang hukum lingkungan.

Selama berpuluh-puluh tahun, kegagalan parlemen dalam memilih Presiden Yunani berujung pada pemilihan umum yang berantakan.

Namun, berkat reformasi belakangan ini, proses pemilihan presiden di parlemen dilakukan hingga lima putaran dengan ambang batas perolehan, mulai dari 200 suara hingga menjadi suara terbanyak dari anggota parlemen yang hadir. (**H)


Sumber: kumparan.com





Berita Terkait

Tulis Komentar