16 Prodi di FKIP Gelar Olimpiade Siswa dan Mahasiswa Skala Regional dan Nasional

  • Selasa, 21 Januari 2020 - 20:28:45 WIB | Di Baca : 1235 Kali

 

SeRiau,- Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Riau awal tahun 2020 kembali melaksanakan olimpiade bagi siswa TK, SD, SMP, SMA dan mahasiswa. Jumlah olimpiade yang diperlombakan ada 16 program studi mulai dari olimpiade Bahasa Inggris, Biologi, Matematikan Sejarah, PPKn, Fisika, Kimia dan lain sebagainya.

" Ya, masing masing program studi mengelar olimpiade tingkat TK, SD. SMP, SMA dan mahasiswa. Kalau rentetan pelaksanaan olimpiade ini akan selesai hingga april kalau setiap minggu prodi mengelar olimpiade," kata Dekan FKIP Unri Prof. Mahdum. MPd.PhD, Selasa (21/1) di Pekanbaru

Olimpiade yang digelar mahasiswa masing masing prodi, kata Mahdum, levelnya tidak hanya tingkat provinsi saja, namun juga regional sumatera dan nasional. Hal ini terlihat dari jumlah peserta yang berasal dari provinsi lain khususnya mahasiswa. Kalau tingkat TK, SD SMP dan SMA, peserta kebanyakan masih dari Riau dan beberapa provinsi tetangga. Namun untuk tingkat mahasiswa levelnya sudah tingkat sumatera dan bahkan nasional. Sebelum olimpiade bergulir, pihak kampus memberi arahan kepada mahasiswa, prodi mana yang bisa menaikkan olimpiade sampai ke level nasional, maka dinaikan anggaran kegiatan, dari Rp 12 juta menjadi Rp16 juta masing masing prodi." Ternyata memang ada prodi yang berhasil menaikan level olimpiade sampai nasional dan kita naikan anggaran kegiatanya. Sedangkan keuntungan jika kompetisi tingkat nasional, akan berpengaruh positif terhadap akreditasi prodi." kata Mahdum

Olimpiade siswa yang sudah berlangsung setiap tahun, kata Mahdum, bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta,  bukan hanya dengan siswa satu sekolah tetapi dengan sekolah lain. Menjunjung nilai sportifitas ketika dalam suatu perlombaan. Selain itu, dengan olimpiade dapat memotivasi siswa lebih giat belajar lagi. Namun, pada kompetisi tahun ini, amino sekolah untuk mengirim peserta sedikit menurun karena keterbatasan dana dimiliki sekolah. Apalagi tahun ini, tidak ada lagi dana komite sekolah." Dari berapa prodi yang sudah melakukan olimpiade siswa dan mahasiswa, jumlah pesertanya menurun dari tahun lalu, karena terbatasnya dana sekolah. Dan pihak prodi memakluminya," kata Mahdum.

Ditambahkan Mahdum, olimpiade siswa dan mahasiswa yang digelar masing masing prodi, tidak hanya lomba, tapai juga bazar hasil kreatifitas mahasiswa. Olimpiade ini juga berhasil mendatang pejabat negara hadir dalam pembukaan olimpiade seperti Mantan Ketua MPR yang kini menjabat Wakil Ketua MPR Zulkifli Hasan dan Osman Sapta Odang pernah hadir dalam olimpiade PPKn tahun lalu." Tahun ini, olimpiade PPKn juga akan mengundang Wakil Ketua MPR Zulkifli Hasan," kata Mahdum. (zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar