SMK Multi Mekanik Masmur Pekanbaru MoU dengan PT Buana Jaya Sejati

  • Senin, 20 Januari 2020 - 21:44:18 WIB | Di Baca : 3499 Kali

 

SeRiau,- SMK Multi Mekanik Masmur Pekanbaru menjalin kerjasama dengan PT Buana Jaya Sejati, Senin (20/1). Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan MoU kedua belah pihak, disaksikan oleh Plt Kadisnaker Jonly dan Kabid SMK Disdik Riau Pahmijan mewakili Kadisdik Riau.

Kepala SMK Multi Mekanik Masmur, Yohandra Jamal SPd mengatakan, kerjasama ini adalah peluang besar. Sebab, magang di perusahaan ini siswa difasilitasi BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan. Jika terjadi peristiwa di luar dugaan, sudah bisa dibantu dengan BPJS. Selain itu, kata Yohandra, jika siswa magang dinilai layak untuk bekerja di PT Buana Jaya Sejati langsung dikontrak selama 1 tahun. Hal itu dapat terjadi, jika siswa memberikan yang terbaik selama menjalani magang di perusahaan." Jadi saya rasa kerja sama ini tidak hanya memudahkan siswa magang, tapi membuka peluang siswa untuk bekerja di perusahaan tersebut," kata Yohandra, Senin (20/1)

Sementara itu, Direktur PT Buana Jaya Sejati, Diana SE mengatakan pihak perusahaan mengapresiasi peserta magang angkatan pertama. Bahkan langsung diberikan penghargaan sertifikat dimana setelah tamat, siswa bersangkutan langsung diterima bekerja di perusahaan dan dikontrak selama setahun." Saya harap pihak sekolah terus gencar mempersiapkan siswa agar siap bekerja. Pihak perusahaan juga menunggu kehadiran siswa untuk magang lagi. Selama magang empat bulan,  siswa dinilai kehadirannya serta keaktifan saat di perusahaan. Mereka yang magang juga diberi nilai plus. Di antaranya diberikan uang transportasi," kata Diana.

Selain magang, kata Diana, juga akan ada transfer ilmu. Dimana kepala bengkel atau pihak perusahaan bisa datang ke sekolah menyampaikan materi. Mereka juga bisa datang ke bengkel untuk belajar langsung tentang karoseri industri yang menjadi fokus PT Buana Jaya. 

Kabid SMK Disdik Riau, Drs H Pahmijan. MPd menyambut positif pihak dunia usaha yang menjalin kerjasama dengan pihak sekolah. SMK negeri maupun swasta diminta jalin kerjasama dengan dunia usaha. Kepala sekolah juga diimbau untuk jemput bola menjalin kerjasama dengan pelaku usaha dan industri." Saya harap kepala SMK pro aktif menjalin kerjasama dengan Dunia Usaha Dan Industri (DUDI). Karena rohnya SMK ini bagaimana tamatan bisa diterima didunia kerja dengan keahliah yang dimilikinya. Oleh karena itu sudah saatnya SMK menjalin kerja sama dengan DUDI sebanyak mungkin," kata Pahmijan.

Kepada siswa, kata Pahmijan, didorong untuk ikut dalam kegiatan yang meningkatkan kompetensi. Misalnya LKS, O2SN, FLS2N, Lomba Literasi Sekolah, Lomba Perpustakaan dan lain-lain. "Tunjukkan bahwa siswa SMK mampu dan bisa," katanya

Ditambahkan Pahmijan, bagi sekolah negeri umumnya sudah banyak melaksanakan kerjasama dengan DUDI. Kalau dapat dengan perusahaan perusahan besar seperti RAPP,  PTPN V, Asian Agri dan lain sebagainya." Sejauh ini memang sudah ada sekolah yang menjalin kerjasama dengan perusahaan besar, namun jumlahnya belum banyak," ujar Pahmijan. 

Disamping itu didorong juga bekerjasama dengan perusahaan antar negara seperti yang pernah dilakukan SMK Pertanian dengan perusahaan di Korea Selatan. Makanya, diharapkan sekolah menjemput bola langsung ke perusahaan. Apalagi banyak nilai plus jika mereka jalin kerjasama. Karena perusahaan memberi praktik magang, ada guru tamu dan yang paling penting, pihak perusahaan memberi sertifikat yang menjamin siswa magang langsung bekerja.

Sementara Plt Kadisnaker Riau, Jonly SSos MSi mengapresiasi langkah pihak perusahaan menjalin kerjasama dengan SMK Multi Mekanik Masmur dalam rangka meningkatkan kompetensi siswa. Ini adalah wujud nyata pihak perusahaan telah membantu program pemerintah dalam mengatasi pengangguran." Saya harapkan, siswa dapat menjalani magang dengan baik. Harus mampu menjaga nama baik sekolah. Harus mampu bekerja dengan baik. Pihak sekolah juga perlu mengawasi siswanya yang magang," kata Jonly (zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar