Juara Umum di Pra PON 2019, Anggar Riau Loloskan 20 Atlet

  • Rabu, 16 Oktober 2019 - 09:50:03 WIB | Di Baca : 2379 Kali

SeRiau - Raih lima medali emas, tiga perak dan tiga perunggu pada Pra Pekan Olahraga Nasional (PON) 2019 di Semarang pada 10-14 Oktober lalu, tim anggar Riau keluar sebagai juara umum.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Pengurus provinsi (Pengprov) Ikatan anggar seluruh Indonesia (IKASI) Riau, Drs H Kastalani Rachman yang didampingi sekretaris Zulkifli mengatakan, lima medali emas tersebut didapatkan dari nomor floret perorangan putri atas nama Nurul Aini. Kemudian nomor degen perorangan putri atas nama Megawati. 

"Kemudian dari nomor floret beregu putra atas nama M. Fatah Prasetyo, M. Fuad, Kevin Fadillah dan Anggi Normansyah. Nomor degen beregu putri atas nama Megawati, Silvia Andini, Yasmine Nazla dan Nisa Aprawasih. Yang kelima yakni dari nomor floret beregu putri atas nama Nurul Aini, Ayu Pani, Fitri Handayani dan Atika Floriana," katanya.

Untuk tiga medali perak, lanjut Zulkifli yakni didapatkan dari nomor degen perorangan putra atas nama M. Fajrinya. Nomor sabel perorangan putra atas nama M. Zuhdi. Dan dari nomor sabel beregu putra atas nama M. Zuhdi, Fauzan Nofriansyah, M. Hafizan dan Firhan.

Sedangkan tiga medali perunggu didapatkan dari nomor floret perorangan putra atas nama M. Fatah Prasetyo. Nomor sabel perorangan putra atas nama M. Hafizan. Dan nomor degen beregu putra atas nama M. Fajri, M. Facroji,  Dwi Angga Mayudha dan Aldy Miftahul Rezki.

"Setelah kualifikasi Pra PON ini, kami saat ini masih menunggu surat pemberitahuan dari Pengurus Besar (PB) IKASI terkait berapa atlet yang lolos untuk mengikuti PON ke XX tahun 2020. Tapi sudah pasti IKASI Riau mendapatkan tiket untuk mengikuti PON," sebutnya.

Berdasarkan nomor yang diikuti jelas Zulkifli, bahwa atlet mengikuti 10 nomor dari 12 nomor yang dipertandingkan. Dari nomor yang diikuti tersebut semua nomor lolos PON dengan jumlah atlet 20 orang.

"Dari dua puluh kita kirim, dua puluh lolos," ucapnya.

Selanjutnya kata Zulkifli, para atlet anggar Riau tersebut juga akan mengikuti Kejuaraan Nasional pada 15-22 Oktober yang juga dilaksanakan di Semarang. Pada Kejurnas ini, IKASI Riau mengirimkan 35 atlet yang akan bertanding pada nomor beregu dan perorangan.

"Khusus untuk Kejurnas ini kami memang kirim cukup banyak atlet karena tidak ada batasan usia. Hasil dari Kejurnas ini nantinya, juga sebagai acuan untuk perangkingan atlet anggar secara nasional. Yang mana, jika ada kejuaraan tingkat internasional, maka atlet anggar dengan peringkat tinggi akan menjadi pilihan utama," jelasnya. (**H)





Berita Terkait

Tulis Komentar