37 Dosen Pengabdi Ikut Monev Pelaksanaan PKM Kemenristekdikti di UMRI

  • Rabu, 16 Oktober 2019 - 00:26:10 WIB | Di Baca : 1455 Kali

 

SeRiau,- Sebanyak 37 dosen pengabdian dari 15 perguruan tinggi negeri dan swasta termasuk UMRI mengikuti Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Program Pengabdian Kepada Masyarakat DRPM Kemeristekdikti tahun 2019. Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan Monev PKM tersebut

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari, Selasa (15/10) hingga Kamis (17/10), dibuka oleh Rektor UMRI Dr. H Mubarak. MSI. 

Dihadapan peserta monitoring dan evaluasi PKM dana Kemenristekdikti, Dr.H Mubarak.MSi mengucapkan terima kasih dipercayakan UMRI sebagai tuan rumah dari kegiatan pengabdian kepada masyakarat. PKM merupakan salah satu Tri Darma perguruan tinggi. Umri, untuk program PKM ini sudah menganggarkan dana sendiri. Namun, jika dana PKM dari Kemenristekdikti bisa direbut malah lebih bagus." Kalau ada dana PKM ini dari Dikti malah lebih baik. Saya juga mengajurkan agar dosen UMRI lebih giat lagi untuk menarik dana Dikti untuk program PKM," kata Mubarak, Selasa (15/10)di Kampus Utama UMRI Jalan Tuanku Tambusai Pekanbaru.

Sementara Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Umri, M Ridha Fauzi mengatakan kegiatan monitoring dan evaluasi kegiatan PKM DRPM Kemenristekdikti bertujuan untuk memastikan seberapa jauh keberhasilan dari pelaksanan kegiatan PKM ini. Sekarang, kegiatan PKM sudah masuk tahap pencairan dana 70 persen. Makanya, segala pencapaiannya harus di monev mulai dari laporan progres dan laporan dana termen 70 persen." Semua biaya keluar sebelum proposal seperi jurnal, video seperti apa,9 proses dan hasil PKM ini,  publikasi dimedia cetak dan online harus di evaluasi," kata Ridha.

Rangkaian kegiatan monev ini, kata Ridha, para dosen pengabdi nantinya akan mempresentasikan proposalnya sejauh mana keberhasilan dari PKM yang telah mereka lakukan. Setelah itu baru dilakukan visit lapangan hanya saja kunjungan lapangan ini dilakukan secara acak." Ya nanti dipilih oleh reviewer, tidak semuanya di visit ," kata Ridha

Untuk kegiatan monitoring dan evaluasi pelaksanaan PKM DRPM Kemenristekdikti mendatangkan Reviewer Marten Luter Lano. STP. MP dari Universitas Artawacana Kupang NTT. (zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar