Tebalnya Kabut Asap, KONI Riau Imbau Pelatih dan Atlet Libur Latihan

  • Jumat, 13 September 2019 - 18:59:43 WIB | Di Baca : 1055 Kali
Ketua KONI Riau, Emrizal Pakis

SeRiau - Semakin tebalnya akibat kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau menbuat Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Riau, Emrizal Pakis mengeluarkan imbauan kepada seluruh pelatih dan atlet yang sedang menjalani latihan untuk mengambil waktu libur sementara.

Hal ini dikatakan Emrizal untuk menjaga kesehatan atlet apabila udara di Riau, Kota Pekanbaru khususnya sudah mengkhawatirkan.

"Saya menghimbau kepada seluruh pelatih yang ada dilapangan terutama yang berlatih venue terbuka agar dapat mensiasatinya kabut asap dengan meliburkan sementara," kata Emriza, Rabu (11/9/2019).

Ia menjelaskan, bahwa meliburkan pelatih dan atlet ini bukan berarti meliburkan latihan dalam kurun waktu satu bulan. Akan tetapi, tindakan ini bisa diambil oleh pelatih dan atlet apabila kabut asap terlalu tibal dan tidak sehat berdasarkan Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU).

"Tidak berarti kita liburkan satu bulan, tidak seperti itu. Misalkan asapnya terlalu tinggi, maka menurut saya pelatih bisa mengambil inisiatif pada hari-hari tersebut," jelasnya.

Ia menambahkan, hingga saat ini pihaknya belum mendapat laporan dari Pengurus Provinsi (Pengprov) cabang olahraga (cabor), terkait adanya atlet yang mengalami gangguan kesehatan, karena asap, baik itu ISPA atau lainnya.

"Sejauh ini belum ada laporan ke kita (atlet yang sakit akibat kabut asap). Tapi akan terus kita pantau kedepannya," tuturnya.

Emrizal berharap bencana kabut asap yang terjadi di Riau ini agar dapa segera berakhir. "Kita berdoa, paling tidak asap ini semakin berkurang dan tidak menggangu persiapan atlet kita di lapangan," pungkasnya. (**H)





Berita Terkait

Tulis Komentar