Demo Sempat Memanas, KJRI Pastikan WNI di Hong Kong Aman

  • Ahad, 01 September 2019 - 18:55:37 WIB | Di Baca : 1041 Kali

SeRiau - Situasi di Hong Kong sempat memanas dengan adanya demonstrasi pro-demokrasi. Warga negara Indonesia (WNI) di Hong Kong disebut dalam kondisi aman.

"So far oke, mereka baik-baik saja," kata Pelaksana Tugas Konsul Jenderal Indonesia untuk Hong Kong Mandala Sukarto Purba ketika dihubungi detikcom, Minggu (1/9/2019).

Selain itu Mandala menyebut ada 200 lebih pelajar asal Indonesia yang tengah berada di Hong Kong. Mereka merupakan tim Olimpiade Matematika yang akan mendapatkan penghargaan.

"Jadi saat ini mereka ada di Asia World (Expo)," kata Mandala.

Staf KJRI Hong Kong, Fajar, mengatakan sebagian tim Olimpiade Matematika itu sempat terhalang untuk datang ke lokasi yaitu di Asia World Expo. KJRI kemudian memberikan pendampingan.

"Terdapat sekitar 20 puluhan anggota rombongan yang menuju Asia World Expo dengan MTR namun terhenti di Tung Chung MTR Station. Pejabat KJRI sudah tiba di lokasi untuk memberikan pendampingan. Sebagian dari mereka kembali ke hotel masing-masing dan sebagian lagi menunggu bis kiriman dari panitia untuk menuju ke Asia World Expo." ucapnya.

Situasi di Hong Kong sempat memanas pada Sabtu malam. Hari ini para pendemo menyambangi bandara. Mereka disebut merusak kamera pemantau hingga memblokir jalur ke bandara.

Polisi Hong Kong mengatakan mereka siap untuk melaksanakan 'operasi pembubaran'. Dalam sebuah postingan Facebook, mereka juga memperingatkan demonstran untuk meninggalkan kawasan bandara sesegera mungkin.

Penerbangan sejauh ini tidak terganggu. Tetapi beberapa penumpang dibingungkan oleh kekacauan yang dibuat oleh para demonstran. (**H)


Sumber: detikNews





Berita Terkait

Tulis Komentar