Film Korea Parasite Raih Penghargaan Tertinggi di Festival Film Cannes

  • Ahad, 26 Mei 2019 - 16:28:38 WIB | Di Baca : 1236 Kali

SeRiau - Film Korea Selatan Parasite dinobatkan menjadi yang terbaik di Festival Film Cannes 2019, Sabtu (25/5/2019).

Film karya sutradara Bong Joon Ho itu menjadi film Korea Selatan pertama yang meraih penghargaan Palme d'Or, penghargaan tertinggi di festival film tersebut.

Film Parasite bersaing memperebutkan Palme d'Or dengan film-film Pain & Glory karya sutradara Spanyol Pedro Almodovar dan Young Ahmed garapan kakak beradik Jean-Pierre dan Luc Dardenne.

Parasite, sebuah film komedi kelam, bercerita tentang keluarga miskin Ki Taek yang tinggal di sebuah ruang bawah tanah yang kumuh.

Keluarga itu tertimpa serangkaian kemalangan setelah putra mereka bekerja sebagai guru les di sebuah keluarga kaya yang tinggal di rumah megah.

Sementara itu, untuk bidang akting, gelar aktor terbaik diberikan kepada Antonio Banderas yang bermain dalam film Pain & Glory.

Ia berperan sebagai seorang sutradara Spanyol yang sudah uzur dan dibayangi keringkihan fisik dan psikologi.

Sutradara Almodovar menyebut Banderas memberikan akting terhebat dalam film itu.

Banderas mempersembahkan penghargaan itu kepada Almodovar yang telah memasangkan di delapan film dan membantunya menjadi bintang film kelas dunia.

"Saya menghormatinya. Saya mengaguminya. Saya menyayanginya. Dia mentor saya dan memberi banyak hal sehingga penghargaan ini jelas saya persembahkan kepadanya," kata Banderas saat memberi sambutan usai menerima pialanya.

Sementara itu, aktris asal Inggris Emily Beecham membawa pulang penghargaan Aktris Terbaik berkat aktingnya dalam film Little Joe.

Ia mengaku terkejut saat mendapat kabar bahwa ia memenangi penghargaan bergengsi itu. Ia mendapat telepon untuk kembali ke Cannes dan menerima penghargaannya. (**H)


Sumber: KOMPAS.com





Berita Terkait

Tulis Komentar