Jurnalis Irlandia Utara Ditembak Hingga Tewas, 2 Remaja Ditangkap

  • Sabtu, 20 April 2019 - 17:53:16 WIB | Di Baca : 1042 Kali

SeRiau - Seorang jurnalis asal Irlandia Utara, Lyra McKee, ditembak hingga tewas pada Kamis (18/4) malam waktu setempat. Kepolisian telah menangkap dua remaja yang diduga terkait insiden itu.

Menurut keterangan Kepolisian Irlandia Utara penangkapan remaja berusia 18 dan 19 tahun itu dilakukan di wilayah Londonderry. Mereka saat ini dibawa ke Belfast untuk diperiksa.

McKee tewas di kota Derry usai peluru menerjang kepalanya. Kepolisian menduga pelaku terkait dengan kelompok paramiliter separatis Tentara Republik Irlandia (IRA), demikian dilansir AFP.

Kematian McKee terjadi setelah kericuhan antara aparat keamanan dan kelompok pendukung IRA pecah di Creggan kota Derry.

Sebelum tewas, McKee sempat memposting gambar kerusuhan serta tulisan 'Derry malam ini, tindakan yang sangat gila' di media sosialnya.

Kelompok IRA yang diduga menjadi dalang kerusuhan di Derry dan otak penembakan McKee merupakan kelompok paramiliter yang sudah terbentuk sejak 1971.

Kelompok ini kerap melakukan tindak kekerasan di Irlandia Utara. Tujuan IRA adalah agar seluruh Irlandia memisahkan diri dari Inggris dan membentuk pemerintahannya sendiri. (**H)


Sumber: kumparanNEWS





Berita Terkait

Tulis Komentar