Susul Kim Jong Un, Trump Tiba di Vietnam

  • Rabu, 27 Februari 2019 - 00:28:10 WIB | Di Baca : 1223 Kali

SeRiau - Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump tiba di Vietnam. Keduanya akan melakukan KTT kedua mereka pada Rabu (27/2) besok. 

Dilansir Reuters, Selasa (26/2/2019), Trump tiba di Hanoi dengan menumpang Air Force One sekitar sebelum pukul 9 malam. 

Sementara Kim Jong Un tiba lebih awal pada Selasa (26/2) pagi dengan menumpang kereta setelah perjalanan selama 3 hari dari Pyongyang dan melaui jalur darat China. Dari stasiun di perbatasan, Kim Jong Un menumpang mobil menuju ke Hanoi.

Pertemuan besok akan menjadi KTT kedua setelah yang pertama digelar di Singapura pada Juni 2018. Juru Bicara Gedung Putih Sarah Sanders mengatakan rencananya Trump dan Kim akan ditemani dua tamu dan penerjemah. Tak hanya Rabu, Trump dan Kim juga akan bertemu pada Kamis (28/2). 

Pada Kamis (28/2) lusa, Trump dan Kim Jong-Un akan menggelar lebih banyak pertemuan. Namun topik pembahasan kedua tokoh tidak disebut lebih lanjut oleh Sanders. 

KTT kedua ini digelar delapan bulan setelah KTT pertama yang sangat bersejarah di Singapura pada Juni 2018 lalu. KTT kedua ini diharapkan akan menghasilkan kesepakatan akhir soal senjata nuklir Korut yang dianggap mengancam AS. Namun ada indikasi bahwa pertemuan ini akan mengarah pada deklarasi berakhirnya Perang Korea tahun 1950-1953 yang menyeret AS, Korut, Korea Selatan (Korsel) dan China. (**H)


Sumber: detikNews





Berita Terkait

Tulis Komentar