Keren, Ujian Semester Genap SMKN 4 Pekanbaru Berbasis Komputer

  • Senin, 25 Februari 2019 - 20:09:46 WIB | Di Baca : 1870 Kali

SeRiau - Hari pertama pertama ujian semester genap yang diikuti 416 siswa kelas XII, SMKN 4 Pekanbaru tidak lagi mengunakan kertas pensil, melainkan berbasis komputer. Ujian sekolah berbasis komputer ini rupanya sudah dua tahun diterapkan oleh sekolah

Waka Kurikulum SMKN 4 Pekanbaru Drs. Ahmad Husaini mengatakan, ujian semester genap mengunakan komputer banyak manfaat yang dirasakan oleh sekolah diantaranya bisa menghemat anggaran sekolah. Pihak sekolah tidak lagi memerlukan biaya untuk memfotocopi soal ujian. 

Begitu juga dengan pemeriksaan hasil kerja siswa lebih cepat dan hasil ujiannya pun langsung bisa dikoreksi selesai ujian karena sudah terprogram. Keuntungan lainnya, hasil ujian lebih kompeten sebab siswa tidak bisa bekerja sama satu sama lainnya. Soal ujian dikomputer si A tidak sama dengan soal ujian si B.

Loading...

" Jadi manfaat yang diperoleh dengan ujian sekolah berbasis komputer begitu banyak mulai dari penghematan, cepat, tepat dan efektif," kata Ahmad, Senin (25/2) disela pelaksanaan ujian

Untuk ujian semester genap berbasis komputer ini, kata Ahmad, ruang ujian yang digunakan untuk ujian sebanyak 5 rungan. Masing masing ruangan diisi 20 unit komputer. Ujian dibagi dalam 3 sesi. Sementara mengenai soal ujian, dibuat oleh guru bidang studi dan serahkan ke tim pengimput soal untuk dimasukan ke bank soal di komputer. Masing masing ruagan diawasi oleh pengawas ujian dan operator.

" Ada 10 mata pelajaran yang diujikan pada ujian semester genap. Sedangkan ujian sekolah berstandar nasional akan dimulai tanggal 11 maret mendatang," sebutnya

Ditambahkannya, dalam mendukung ujian berbasis komputer, pihak sekolah juga menyediakan genset jika terjadi pemadaman listrik. Sebelumnya, sekolah juga telah memberitahukan pihak PLN.

" Kita siapkan genset jika terjadi pemadaman. Mudah mudahan ujian berlangsung aman tanpa ada kendala hingga tanggal 1maret mendatang. Kami berharap ganguan listrik tidak terjadi saat pelaksanaan ujian sekolah." harapnya (zal)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar