Paus Fransiskus Copot 2 Penasihatnya yang Terseret Skandal Seks

  • Rabu, 12 Desember 2018 - 20:34:10 WIB | Di Baca : 1163 Kali

SeRiau - Pemimpin umat Katolik sedunia, Paus Fransiskus, mencopot dua Kardinal yang terseret skandal pelecehan seks dari jajaran penasihatnya. Pencopotan ini diumumkan pekan ini oleh Vatikan. 

Disampaikan Vatikan dalam pernyataannya, seperti dilansir Reuters, Rabu (12/12/2018), kedua Kardinal yang dicopot adalah Kardinal George Pell dari Australia dan Kardinal Francisco Javier Errazuriz dari Chile.

Keduanya dicopot dari Dewan Penasihat Kardinal atau yang secara resmi disebut Dewan Kardinal, yang juga dijuluki sebagai C-9.

Kedua Kardinal yang dicopot itu diketahui menjadi subjek dalam kasus dugaan pelecehan seksual pastor. Tuduhan-tuduhan yang dijeratkan kepada kedua Kardinal itu telah disangkal. 

Satu Kardinal lainnya, Kardinal Laurent Monsengwo Pasinya dari Kongo, disebut memilih meninggalkan C-9. Namun tidak disebut lebih lanjut alasan Pasinya meninggalkan Dewan Kardinal.

Dituturkan juru bicara Vatikan, Greg Burke, bahwa Paus Fransiskus telah menulis surat untuk ketiga Kardinal itu pada Oktober lalu, yang isinya berterima kasih atas pengabdian mereka selama ini. Ketiga Kardinal itu tidak menghadiri rapat terbaru C-9 yang berakhir Rabu (12/12) waktu setempat.

Diketahui juga bahwa Pell dari Australia sebelumnya mengambil cuti tanpa batas waktu dari tugasnya sebagai Menteri Perekonomian Vatikan untuk membela diri dalam persidangan kasus pelecehan seksual anak di Australia. Tindak pelecehan seksual itu dilaporkan terjadi tahun 1970-an dan 1990-an lalu.

Sementara para korban pelecehan seksual di Chile menuduh Errazuriz menutupi praktik pelecehan seks yang terjadi di dalam lingkungan gereja di wilayahnya. (**H)


Sumber: detikNews





Berita Terkait

Tulis Komentar