Tidak Ada Korban Jiwa dalam Gempa dan Tsunami Kaledonia Baru

  • Kamis, 06 Desember 2018 - 09:33:30 WIB | Di Baca : 1147 Kali

SeRiau - Gempa bumi berkekuatan 7,6 magnitudo yang memicu peringatan tsunami terjadi di Kaledonia Baru pada Rabu (5/12). Peristiwa ini tidak menyebabkan korban jiwa dan belum dilaporkan adanya kerusakan.

Gempa tersebut masuk kategori gempa dangkal dengan kedalaman hanya 10 km dari permukaan bumi. Pusat gempa terjadi di tengah laut, sekitar 170 km tenggara Kepulauan Loyalty, memicu peringatan tsunami dari Pusat Peringatan Tsunami Pasifik (PTWC).

Pemerintah Kaledonia Baru dan Vanuatu langsung memperingatkan warga untuk segera mengungsi ke tempat tinggi setelah PTWC memprediksi akan ada tsunami setinggi tiga meter. Gelombang tsunami juga tercatat tercipta dari pusat gempa.

Namun ternyata, prediksi tersebut tidak terbukti. Tsunami hanya mencapai ketinggian 72 cm, menghantam pulau Tanna di Vanuatu.

Menurut pejabat Noumea, ibu kota Kaledonia Baru, tsunami juga menghantam pantai mereka, namun tidak menyebabkan kerusakan. 

"Laporan menyebut kekuatan tsunami menurun drastis dan tidak ada lagi risiko besar bagi warga. Tidak ada korban luka atau kerusakan," kata juru bicara departemen pertahanan sipil Kaledonia Baru.

Sedikitnya terjadi 10 kali gempa susulan dengan getaran terkuat mencapai 6,6 magnitudo. 

Kaledonia Baru adalah wilayah Prancis yang berada di Pasifik. Dengan populasi berjumlah 269 ribu orang, Kaledonia Baru dikenal sebagai salah satu penghasil utama nikel, material penting untuk komponen elektronik. (**H)


Sumber: kumparanNEWS





Berita Terkait

Tulis Komentar