Serangan Udara AS di Somalia Tewaskan Puluhan Militan

  • Rabu, 21 November 2018 - 05:24:45 WIB | Di Baca : 1112 Kali

SeRiau - Serangan udara Amerika Serikat (AS) di Somalia menewaskan sekitar 37 pejuang dari kelompok militan Islam Al-Shabaab, Senin (19/11). 

Dua serangan udara dilakukan Senin dekat Debatscile, komando militer Afrika mengatakan dalam sebuah pernyataan, menambahkan bahwa "serangan udara tidak melukai atau membunuh warga sipil," seperti disebutkan seorang militer AS, Selasa (20/11).

Dikatakan serangan "presisi" mereka yang pertama menewaskan 27 gerilyawan dalam serangan yang "terencana dan disengaja" itu. Sementara serangan kedua membunuh 10 pejuang lainnya.

Militer AS mengatakan serangan itu "dilakukan untuk mendukung Pemerintah Federal Somalia sekaligus untuk menurunkan (militan) Al-Shabaab."

Bulan lalu, militer AS mengatakan telah menewaskan 60 pejuang Shabaab dalam satu serangan udara. Ini adalah serangan udara terbesar sejak serangan di salah satu kamp pelatihan kelompok Islam. Serangan itu menewaskan sekitar 100 pejuang pada November 2017.

Dalam beberapa bulan terakhir, serangan udara dan serangan rudal terhadap Shabaab terus meningkat. Al-Shabaab adalah organisasi afiliasi Al-Qaeda yang berjuang untuk menggulingkan pemerintah Somalia. Kelompok ini didukung secara internasional di Mogadishu dari pasukan Uni Afrika. (**H)


Sumber: CNN Indonesia





Berita Terkait

Tulis Komentar