LSI Sebut UAS dan Habib Rizieq Paling Didengar di Pilpres, Ini Respons Kubu Jokowi-Ma'ruf

  • Jumat, 16 November 2018 - 05:58:05 WIB | Di Baca : 1269 Kali

SeRiau - Tim Kampanye Nasional (TKN) Pasangan Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin, menyambut baik temuan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, yang menyebut Ustaz Abdul Somad (UAS) dan Habib Rizieq Shihab sebagai ulama yang paling didengar imbauannya dan berpengaruh di Pilpres 2019.

"Kita bergembira ada tokoh atau ulama didengar oleh umat, itu kan artinya bahwa ulama itu menjadi sangat penting," kata Wakil Sekretaris TKN Jokowi-Ma'ruf Amin, Ahmad Rofiq kepada Okezone, Jumat (16/11/2018).

Rofiq juga tidak mempersoalkan posisi UAS dan Habib Rizieq Shihab yang berada di kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Menurutnya, masih banyak kiai-kiai kampung lebih didengar fatwanya oleh santri-santrinya.

"Banyak sekali ulama di tingkat lokal itu juga sangat didengar melebihi 2 orang ini, jadi dalam konteks makro, tetapi dalam mikro sesungguhnya para kiai-kiai lokal, kiai kampung itu masih sangat didengar oleh ummatnya," imbuhnya.

Rofiq tak mau menyebut UAS dan Habib Rizieq sebagai ancaman untuk Jokowi-Ma'ruf Amin. Menurutnya, sosok KH Ma'ruf Amin sebagai Ketua Umum Mejelis Ulama Indonesia (MUI) tentu yang lebih pas merepresentasikan ulama secara keseluruhan di Indonesia.

"Kita tidak merasak mereka sebagai ancaman, kalau dalam konteks visi keulamaan kan Kiai Ma'ruf itu Ketua Umum MUI, itu artinya tokoh yang sangat dituakan dalam konteks tersebut, untuk jadi panutan," tegas Sekretaris Jenderal Perindo itu.

Sebelumnya diberitakan Okezone, survei LSI Denny JA menyatakan pemilih sangat mendengarkan imbauan dari tokoh agama seperti ulama, pastor, dan biksu, hingga mencapai sebesar 51,7 persen.

Dalam surveinya yang dirilis pada Rabu 14 Nopember kemarin itu, LSI Denny JA juga menyebut ada lima ulama paling berpengaruh dalam Pilpres 2019, antara lain Ustadz Abdul Somad, Ustadz Arifin Ilham, Ustadz Yusuf Mansur, Ustadz Abdullah GymnasBar atau AA Gym, dan Habib Rizieq Shihab.

"UAS adalah ulama yang dikenal oleh 59,3 persen pemilih, mereka yang menyatakan suka terhadap Ustadz Somad sebesar 82,5 persen. Dan mereka yang menyatakan mendengar imbauan UAS 30,2 persen. UAS adalah ulama yang paling didengar suaranya dari kelima ulama tersebut," kata peneliti LSI Denny JA, Ikrama M di kantornya. (**H)


Sumber: Okezone





Berita Terkait

Tulis Komentar