Nurhafni Ditunjuk Jadi Narasumber Festival Literasi Sekolah Kemendikbud

  • Sabtu, 03 November 2018 - 07:20:06 WIB | Di Baca : 1643 Kali

 

SeRiau - Kepala SMAN 7 Pekanbaru Hj. Nurhafni.MPd ditunjuk sebagai narasumber pada Festival Literasi yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kegiatan yang berlangsung hingga 31 Oktober 2018 lalu dipusatkan di Plaza Insan Berprestasi Kemendikbud Senayan Jakarta.

" Ada empat narasumber dari satuan pendidikan yang ditunjuk oleh Ditjen Dikdasmen menjadi nara sumber salah satunya saya dari Kepala SMAN 7 Pekanbaru. Senang rasanya bisa berbagi praktek baik strategi Implementasi GLS," kata Nurhafni, Sabtu (3/11) via WA nya

Loading...

Nurhafni mengatakan pada literasi juga ada diskusi literasi dengan tema 'Strategi Implementasi Gerakan Literasi Sekolah. Kegiatan FLS dibagi menjadi empat. Pertama, pembukaan FLS yang dipusatkan di Plaza Insan Berprestasi Kemendikbud Senayan Jakarta. Kedua, pameran literasi yang berada di area Plaza Insan Berprestasi, Gedung Ki Hadjar Dewantara Kemendikbud, Senayan, Jakarta. Ketiga, Festival Literasi di dalam area Plaza Insan Berprestasi dan Perpustakaan Kemendikbud, berupa kegiatan diskusi interaktif, pelatihan literasi, peluncuran buku, dan pemutaran film. Keempat, Lomba Literasi yang dikoordinasi oleh masing-masing direktorat teknis di lingkungan Ditjen Dikdasmen. 

Nurhafni menjelaskan ada beberapa tahapan yg dilakukan untuk persiapan tim dan duta Literasi yang di SK kan, persiapan sarana prasarana, kemudian dikembangkan dalam kegiatan membaca 15 menit membaca, one book one student, pojok baca kelas, pojok baca sekolah yang ramah dan lainnya. 

Literasi juga terintegrasi dalam pembelajaran fan program literasi penting yang harus dijalankan diantaranya, literasi sains, literasi numerasi, literasi finansial, literasi digital, literasi baca tulis serta literasi budaya dan kewarganegaraan dan sosialisasi penting untuk dipahami." Jadi program literasi di sekolah sebagai upaya untuk menumbuhkan budi pekerti siswa serta untuk menghadapi tantangan abad ke-21 dan banyak manfaat dilaksanakannya program literasi," kata calon Doktor ini

Nurhafni juga mengatakan  penting literasi digital diterapkan disekolah di era modern sekarang ini. Literasi digital adalah kecakapan menggunakan media digital dengan beretika dan bertanggung jawab untuk memperoleh informasi dan berkomunikasi.(zal)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar