Rambut Cerminan Disiplin, Ini Gaya Potongan Rambut Siswa SMPN 12 Pekanbaru

  • Ahad, 07 Oktober 2018 - 17:02:49 WIB | Di Baca : 7207 Kali

 

SeRiau - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 12 Pekanbaru mempunyai aturan tersendiri dalam hal penataan rambut siswa. Seluruh siswa harus berambut pendek tidak boleh panjang dari 2 centimeter

" Kita sudah membuat aturan rambut siswa tidak boleh panjang. Maksimal panjang rambut siswa 1 sentimeter. Potongan rambut ini juga bagian dari cerminan disiplin siswa yang menjadi ciri warga SMPN 12 Pekanbaru," kata Kepala SMPN 12 Pekanbaru Syafrida Ali, Sabtu (6/10) di Pekanbaru

Mantan kepala SMPN 29 Pekanbaru ini sangat tegas soal disiplin sekolah salah satunya mengenai potongan rambut. Setiap sebulan sekali minggu kedua, seluruh siswa dipotong rambut. Guna mempermudah dan menyamakan model potongan, sekolah mendatangkan tukang pangkas rambut ke sekolah." Ya kalau ada rambut yang terlihat panjang kita potong rambutnya. Minggu ini seluruh siswa kelas VII, minggu depan kelas VIII. Ketentuan itu tercantum dalam peraturan sekolah." kata Syafrida Ali.

Selain potongan rambut sesuai aturan, kata Syafrida Ali, disipilin masalah kebersihan diri mulai dari kuku, pakaian, kelengkapan tali pinggang dan sepatu sekolah, turut juga menjadi perhatian kepala sekolah. Razia kebersihan diri ini dilakukan minggu pertama setiap bulan." Untuk kebersihan diri kita bekerja sama dengan Puskesmas. Siswa diharuskan memakai sepatu warna hitam dan memakai tali pinggang. Ini kita lakukan untuk penegakan disiplin sekolah," kata Syafrida Ali.

Syafrida juga melakukan razia.handphone (HP) setiap minggu ketiga setiap bulan. Razia Hp ini tidak ditentukan harinya.Sebab, razia Hp ini sengaja tidak diberitahukan kepada siswa." Tapi yang jelas kita melarang siswa membawa Hp," tegas Syafrida Ali.

Selain penegakan disiplin kepada siswa, katanya lagi,  penanaman Imtaq juga diberikan kepada siswa. Pelajaran Imtaq diberikas setiap selasa hingga jumat mulai jam 7 sampai 7.15. Setelah itu literasi hingga pukul jam 8." Bagi siswa yang ingin sholat duha diberi waktu untuk melaksanakanya." Jadi disiplin dan Imtaq kita jalan bersamaan. Sehingga kita harapkan setelah tamat siswa bisa menjalankan disiplin dan mengamalkan Imtaq yang telah dipelajari," harapnya (zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar