Tingkatkan Kompetensi, Guru Produktif SMKN 3 Program Revitalisasi Diberi Pelatihan

  • Selasa, 11 September 2018 - 20:10:07 WIB | Di Baca : 2101 Kali

 

SeRiau - Sebanyak 15 orang guru produktif SMK Negeri 3 Pekanbaru mengikuti pelatihan selama satu minggu mulai Senin (10/9) hingga Jumat (15/9) di sekolah. Pelatihan guru produktif ini merupakan salah satu program Revitalisasi SMK Negeri 3 Pekanbaru tahun 2018.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau yang diwakili Kasi Tenaga Pendididik Disdik Riau Mubarok mengatakan program Revitalisasi yang merupakan program bantuan pusat ini tidak hanya sekedar pembangunan instruktur sekolah, tapi juga proses pembelajaran salah satunya peningkatan kompetensi tenaga pendidik.

" Selama ini kalau kita dengar kata revitalisasi pasti konotasi pembangunan fisik, tapi sekarang ini, tidak sarana prasarana sekolah, tetapi proses peningkatan mutu pendidikan sesuai dengan standar nasional pendidikan. Pembagunan fisik sarana ini memang salah satu komponen Revitalisasi," kata Mubarok, di Pekanbaru

Kepala SMKN 3 Pekanbaru Rita Johan mengatakan jumlah guru produktif yang mengikuti pelatihan sebanyak 15 orang berasa dari guru setiap jurusan yang ada di SMK 3 Pekanbaru. Kegiatan ini bahagian dari program Revitalisasi SMK. Sebagai tenaga instruktur pelatihan guru produktif ini dari P4TK Bisnis dan Pariwisata Kemendikbud RI Ida Prihantina Ek.MM." Dengan pelatihan ini guru bisa menambah kompetensinya. Ikutilah pelatihan dengan baik. Tanyakan ke instruktur apa apa yang guru tidak ketahui," kata Rita.

Sementara itu instruktur pelatihan guru produktif Ida Prihantina mengatakan sekolah yang ditelah ditetapkan oleh pemerintah sebagai sekolah revitalisasi ini akan menjadi contoh bagi sekolah lain. Sekolah revitalisasi ini merupakan sekolah unggul yang diharapkan bisa menjadi contoh bagi sekolah lain dalam upaya peningkatan mutu pendidikan." Program Revitalisasi ini tidak semua sekolah. Kalau di Riau ini hanya tiga sekolah yakni SMKN 3 Pekanbaru, SMKN 2 Pekanbaru. Kita harapkan sekolah revitalisasi bisa menjadi yang baik bagi sekolah lain," kata Ida.

Dalam pelatihan pendampingan guru produktif di SMKN 3, kata Ida, ada beberapa indikator program revitalisasi antara lain kurikulum dan inovasi pembelajaran, pemenuhan dam profesionalisme guru,  standarisasi sarana dan prasarana dan terakhir kerjasama DUDI dan PT." Inilah indikator yang akan kita berikan kepada guru. Pelatihan program revitalisasi ini ada didalam dan diluar. Sedangkan pelatihan kedua nantinya akan kita laksanakan sekitar akhir oktober lagi," kata Ida (zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar