Di Kota Padang Ada Bus Pariwisata Dibayar Pakai Botol Minuman Plastik

  • Senin, 10 September 2018 - 18:27:25 WIB | Di Baca : 1299 Kali

SeRiau - Pariwisata terus digalakkan oleh pemerintah kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar). Salah satunya dengan mendorong beroperasinya bus pariwisata yang tarifnya menggunakan botol minuman plastik. 

Penumpang bus pariwisata ini akan dibawa berkeliling ke sejumlah tempat wisata di kota Padang. 

Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Medi Iswandi mengatakan, program ini dilakukan selain untuk mendorong dan mempromosikan pariwisata kota Padang juga untuk mengurangi sampah plastik di kota ini. 

"Jadi program ini bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup kota Padang," ujar Medi Iswandi, Senin (10/9/2018).

Jumlah botol yang dibayarkan untuk menjadi tiket naik bus pariwisata tersebut berbeda tiap ukurannya. 10 untuk ukuran gelas, tiga untuk ukuran sedang dan satu untuk ukuran besar.

"Jumlah tersebut hanya untuk sekali naik. Jika wisatawan ingin naik lagi, maka wisatawan tersebut harus membayar lagi dengan jumlah yang sudah ditetapkan tersebut," tuturnya.

Untuk rute yaitu dimulai dari LPC menuju Tugu Gempa-ke Kota Tua-ke Gunung Padang menuju Pantai Air Manis-ke Bukit Gado-gado lalu putar lagi ke jembatan Sitinurbaya dan terakhir menuju Mesjid Raya.

Dalam sehari bus akan membawa penumpang lima kali putaran. Dimulai pukul 09.00 WIB, 11.00 WIB, 13.30 WIB, 15.30 WIB dan 17.00 WIB.

"Bagi penumpang yang ingin berhenti di tempat wisata di mana bus lewat maka bisa juga naik kembali pada bus berikutnya dengan cara bayar pakai sampah plastik kembali. Perkiraan waktu bus akan datang kembali yaitu sekitar 1,5 jam," kata Medi. (**H)


Sumber: KOMPAS.com





Berita Terkait

Tulis Komentar