WhatsApp Peringatkan Simpan Pesan di Google Drive Rawan

  • Kamis, 30 Agustus 2018 - 07:18:43 WIB | Di Baca : 1322 Kali

 

 SeRiau -- WhatsAppperingatkan pengguna bahwa ada kerentanan ketika pengguna menyimpan arsip percakapan mereka di Google Drive. Sebab, mengarsipkan pesan di Google Drive tidak dilindungi oleh keamanan enkripsi WhatsApp. Dengan demikian, pesan tersebut bisa bocor ke pihak ketiga. 

"Media dan pesan yang Anda arsip tidak dilindungi dengan enkripsi end-to-endWhatsApp ketika berada di Google Drive," terang WhatsApp.

Peringatan ini dikeluarkan WhatsApp untuk menghindari kemungkinan bocornya pesan penting dari ruang penyimpanan data Google itu.

Enkripsi end-to-end WhatsApp sendiri berarti jika pesan yang dikirim akan "diacak" dalam pengiriman menuju penerima, dan hanya perangkat sang penerimalah yang memiliki kode untuk menerjemahkan pesan tersebut. Hal ini membuat pesan tidak dapat dibaca interseptor saat sedang dalam proses pengiriman.

Pada awal bulan ini, Google dan Facebook sepakat untuk menawarkan pengguna agar bisa menyimpan arsip pesan WhatsApp mereka secara gratis di Google Drive. 

Facebook sendiri adalah induk perusahaan WhatsApp. Dalam pengumumannya, fitur tambahan ini baru dapat diakses pengguna WhatsApp pada 12 November mendatang.

Ketika diarsip di server Google, WhatsApp mengirim dan menyimpannya dalam format yang bisa dibaca. Hal ini berarti jika Google atau siapapun yang memiliki niat buruk bisa saja menyusup dan melihat isi pesan tersimpan.

Sebelum pengumuman ini, penyimpanan pesan juga tidak dikenakan biaya, tapi pesan WhatsApp yang diarsip akan memakan kapasitas Google Drive. 

Tapi, Facebook dan Google telah menandatangani perjanjian yang akan mengosongkan ruang penyimpanan data WhatsApp di Google cloud. Dengan begitu, pengguna WhatsApp dapat mengarsip data sebanyak mungkin tanpa harus mengupgrade cloudnya, seperti ditulis BGR. 

 

 


Sumber CNN Indonesia





Berita Terkait

Tulis Komentar