Dituduh Tutupi Kejahatan Seksual, Paus Fransiskus Ogah Berkomentar

  • Senin, 27 Agustus 2018 - 15:26:19 WIB | Di Baca : 1113 Kali

 

SeRiau - PAUS Fransiskus mengatakan bahwa dia tidak akan merespons tuduhan menutup-nutupi kasus kejahatan seksual yang dialamatkan kepadanya oleh seorang mantan pejabat senior Vatikan. Paus mengatakan, dokumen yang berisi tuduhan tersebut tidak membutuhkan penjelasan lebih jauh.

Uskup Vigano yang merupakan mantan Duta Besar Vatikan untuk Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa Paus Fransiskus mengetahui mengenai pelecehan seksual yang dilakukan oleh mantan Uskup Agung Washington, Kardinal Theodore McCarrick sejak 2013 tetapi diam saja. Dia meminta Paus Fransiskus untuk mundur dari jabatannya.

Berbicara kepada reporter dalam perjalanan pulang dari Dublin ke Roma pada Minggu, Paus Fransiskus menyatakan bahwa dia tidak akan berbicara sepatah kata pun mengenai dokumen setebal 11 halaman yang dipublikasikan oleh Uskup Agung Carlo Maria Vigano. Dia meminta para wartawan untuk membaca dokumen tersebut dan memutuskan sendiri kredibilitasnya.

“Saya membaca pernyataan itu pagi ini. Saya membacanya dan saya akan mengatakan dengan tulus kepada Anda (reporter) dan Anda semua yang tertarik: baca dokumen itu dengan saksama dan nilai sendiri, ” kata Paus kepada reporter sebagaimana dilansir Reuters, Senin (27/8/2018).
 
“Saya tidak akan mengatakan satu kata pun tentang ini. Saya pikir pernyataan itu berbicara untuk dirinya sendiri dan Anda memiliki kapasitas jurnalistik yang cukup untuk mencapai kesimpulan Anda sendiri, ” lanjutnya.

Kardinal McCarrick yang dituduh Uskup Vigano dalam dokumennya mengundurkan diri bulan lalu dan dicabut semua gelarnya setelah dia muncul tuduhan bahwa dia pernah melakukan pelecehan seksual pada anak di bawah umur hampir 50 tahun lalu dan memaksa seorang seminari muda untuk tidur bersama.

 

 

 

 

 

Sumber Okezone





Berita Terkait

Tulis Komentar