Potong 4 Sapi, Ini Alasan Kepala SMAN 7 Ajak Siswanya Ikut Berkurban

  • Kamis, 23 Agustus 2018 - 19:12:15 WIB | Di Baca : 1758 Kali

 

SeRiau - Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 7 Pekanbaru melakukan penyembelihan 4 ekor sapi pada Hari Raya Idul Adha 1439 H. Kepala SMAN 7 Pekanbaru Nurhafni MPd ini mengajak guru, siswa dan orangtua siswa untuk berkurban di sekolah.

" Banyak amal yang diambil dari berkurban di sekolah. Selain mengajarkan siswa berbagi antar sesama, kurban di sekolah sebagai salah satu bentuk pembelajaran bagi siswa. Inilah alasan kita untuk melakukan pemotongan hewan kurban di sekolah," kata Nurhafni, Kamis (23/8) di Pekanbaru

Nurhafni mengatakan selain mengamalkan sifat berbagi, dan pembelajaran bagi siswa, berkurban di sekolah juga untuk memupuk rasa persaudaraan, kerjasama, keihklasan, kekompakan antara siswa dan guru dalam melakukan pekerjaan mulai dari menguliti hewan kurban, momotong, mencincang dan menimbang daging ini membutuhkan kerjasama sesama siswa.

" Tidak hanya ikut berkurban saja, tapi manfaat, pelajaran yang diambil dari pelaksanaan kurban itu sendiri," kata Nurhafni

Meski sempat vakum selama 4 tahun tidak melakukan kurban di sekolah, kata Nurhafni, membuat dirinya terdorong untuk melaksanakan kegiatan kurban di sekolah. Padahal jika dikemas dengan baik, jumlah hewan kurban bisa lebih banyak.

" Saya baru 7 bulan memimpin sekolah ini dan langsung membuat program untuk berkurban disekolah yang peserta bisa saja guru, siswa dan orangtua. Sebab, 4 tahun terakhir ini sekolah kita tidak ada melaksanakan kegiatan kurban," katanya.

Peserta kurban kali ini, kata Nurhafni berasal dari guru,siswa dan orangtua. Hewan kurban ini dibagikan untuk warga sekolah dan masyarakat sekitar sekolah dengan jumlah kupon 240.

" Tahun depan kita akan program siswa menabung mulai oktober sampai dengan juli dan rencana ini sudah saya sampai ke siswa," ujar Nurhafni.(zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar