Asian Games 2018

Akhirnya, Tari Poco-poco Pecahkan Rekor

  • Kamis, 23 Agustus 2018 - 06:28:38 WIB | Di Baca : 1647 Kali

SeRiau - Acara tersebut, merupakan sebagai penanda launching ASEAN Car Free Day dalam rangka HUT ASEAN ke-51, sekaligus menyambut pelaksanaan Asian Games 2018. Pemecahan rekor dunia Guiness Book of Word Record untuk tari poco-poco dipusatkan di tugu Monumen Nasional (Monas) Jakarta.

Presiden Jokowi yang didampingi Menko Puan, memimpin langsung pemecahan rekor dunia tari poco-poco tersebut. Pemecahan rekor dunia itu melibatkan 65 ribu orang penari dan 1.500 orang instruktur.

Selain di Monas, pemecahan rekor dunia tari poco-poco di ASEAN Car Free Day kali ini berlangsung hingga jalan Sudirman - Thamrin, Jakarta. Di Monas, pemecahan rekor dunia tari poco-poco diawali dengan gladi resik sebanyak dua kali yang merupakan syarat dari Guiness World of Record.

Setelah gladi resik, Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ibu Mufidah Kalla didampingi Menko Puan dan Menkes Nila F Moeloek membunyikan sirene sebagai tanda dimulainya pemecahan rekor dunia tari poco-poco secara resmi.

Kemudian peserta pemecahan rekor dunia tari poco-poco menari selama tujuh menit. Mereka diarahkan instruktur dari panggung utama.

Pemecahan rekor dunia tari poco-poco diinisiasi oleh pemerintah melalui Kemenpora dan Kemenkes. Para peserta terdiri dari berbagai lapisan masyarakat, mulai dari anggota TNI/Polri, guru olahraga, hingga perwakilan lintas agama.

Pada kesempatan itu pula, diberikan sejumlah penghargaan di antara untuk pencipta lagu poco-poco Arie Sapullette dan penyanyi lagu poco-poco Yopie Latul. Termasuk penyelenggara pemecahan rekor dunia poco-poco dan pionir tari poco-poco.

Selain menyambut HUT ASEAN ke 51 dan Asian Games 2018, pemecahan rekor dunia poco-poco bertujuan untuk kampanye sehat dan bugar. Kampanye ini dilakukan agar anak-anak generasi penerus bangsa dapat menjadi generasi yang aktif dan tidak malas bergerak.

Beberapa pejabat lain yang turut hadir dalam acara tersebut yakni, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menpora Imam Nachrawi, Menkes Nila F.Moeloek, Mensos Idrus Marham, Menko Maritim Luhut Panjaitan, Panglima TNI Jenderal Hadi Suyanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (**H)


Sumber: Merdeka.com





Berita Terkait

Tulis Komentar