Robot Pemadam Api Wakili Indonesia di Kontes Internasional

  • Ahad, 15 Juli 2018 - 09:43:49 WIB | Di Baca : 1160 Kali

SeRiau - Tim robotik dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melengang ke Kontes Robot Internasional di Amerika Serikat mewakili Indonesia.

Robot Dome buatan mahasiswa UMM mengantongi juara I kategori Pemadam Api Indonesia pada Kontes Robot Indonesia (KRI) Nasional 2018. Dibandingkan pesaingnya, robot Dome mampu menunjukkan akurasi tinggi dan waktu tercepat dalam membidik titip api.

"Robot Dome UMM berhasil melesat jauh di peringkat pertama dengan total waktu 3.62 (tiga menit 62 detik) meninggalkan dua tim saingan terberatnya, yakni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)," kata Ketua Tim Robotika UMM Alfan Achmadillah Fauzi di Malang, Jawa Timur seperti diwartakan Antara.

Tim robotika yang beranggotakan Alfan Achmadillah Fauzi, Ken Dedes Maria Kunthy, dan Rochmansyah dari Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik UMM.

Sebelum berlaga di kancah nasional, tim mengaku telah melakukan persiapan hingga riset mendalam selama tiga bulan.

"Berlatih selama tiga bulan menjadikan kami sangat percaya diri untuk melenggang ke tingkat nasional," ujar Rochmansyah.

Persiapan berlaga di AS

Menyoal persiapan berlaga di kontes internasional, pembina tim robotika UMN Nur Alif mengatakan pihaknya akan terus melakukan riset untuk robot agar kian prima.

Selain menyiapkan robot dome, pembina yang sekaligus dosen Teknik Elektro ini juga mengatakan pihaknya akan menyiapkan dua robot lainnya untuk diperlombakan di ajang tersebut.

"Langkah ke depan, kami akan merampungkan dua robot lain dari divisi berkaki dan beroda untuk mempersiapkan diri dalam perlombaan di Amerika," imbuh Nur. (**H)


Sumber: CNN Indonesia





Berita Terkait

Tulis Komentar