Kini Bandara Soekarno-Hatta Waspadai Modus Tukar Koper

  • Senin, 28 Mei 2018 - 11:54:56 WIB | Di Baca : 2714 Kali

SeRiau - Pengelola Bandara Soekarno-Hatta mewaspadai modus kejahatan lainnya menyusul penangkapan MD, 16 tahun, pencuri koper milik penumpang di Terminal 3 Ultimate.

"Masih banyak modus operandi (pencurian barang penumpang) lainnya yang harus diwaspadai," kata Executif Senior General Manager Bandara Soekarno-Hatta Muhammad Suriawan Wakan kepada Tempo hari ini, Senin, 28 Mei 2018.

Dia menuturkan modus pencurian yang patut diwaspadai, adalah menukar bagasi penumpang. "Penukaran bagasi menjadi satu hal yang bisa saja terjadi dan dilakukan dikemudian hari."

Meski kasus seperti ini belum pernah terjadi, menurut Suriawan, pelaku kriminal bisa saja memanfaatkan situasi keramaian dan kelengahan penumpang. 

Dia mencontohkan, penumpang di Surabaya sudah memantau barang korban sejak di bandara Surabaya. 

Ketika tiba di Bandara Soekarno-Hatta mereka bisa menukar bagasi penumpang yang telah diincar.

Adapun modus pencurian lainnya yang pernah terjadi adalah pencurian di dalam pesawat. Caranya dengan mengincar dan mengalihkan perhatian target di dalam pesawat. Biasanya modus ini dilakukan berkelompok.

"Sindikat pencuri mengincar barang bawaan penumpang di kabin pesawat," ujar Suriawan, yang juga Kepala Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno-Hatta.

 

sumber Tempo.co





Berita Terkait

Tulis Komentar