Hina Jokowi, Pimpred Obor Rakyat Dijebloskan ke Cipinang

  • Selasa, 08 Mei 2018 - 22:34:17 WIB | Di Baca : 1251 Kali
Ilustrasi (internet)

SeRiau - Tim Intelijen Kejaksaan Agung bersama Tim Kejari Jakarta Pusat menangkap Pemimpin Redaksi Obor Rakyat Setyardi Budiono dan Redaktur Pelaksana Darmawan Sepriyosa, Selasa 8 Mei 2018.

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung Mohammad Rum mengatakan, Setyardi diamankan di daerah Gambir sedangkan Darmawan diamankan di daerah Tebet Timur.  

“Kami telah mengamankan yang bersangkutan dalam rangka menjalankan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap, Yang bersangkutan telah melaksanakan haknya dalam melakukan upaya hukum baik melalui banding dan kasasi" ujar Mohammad Rum di Jakarta, Selasa malam, 8 Mei 2018.   

Sesaat setelah penangkapan, kedua terpidana langsung dieksekusi ke Lembaga Pemasyarakatan Cipinang untuk menjalani hukuman. Setyardi dan Darmawan dijatuhi pidana delapan bulan penjara oleh Mahkamah Agung karena terbukti melakukan penistaan dengan tulisan terhadap Joko Widodo atau Jokowi pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014.

Seperti diketahui, pada pertengahan tahun 2014, Setiyardi selaku pemimpin Redaksi Tabloid Obor Rakyat dan redakturnya, Darmawan dilaporkan dengan tuduhan penghinaan dan fitnah terhadap Jokowi melalui tabloid Obor Rakyat.

Tabloid itu disebarkan ke masjid-masjid dan pondok pesantren di sejumlah daerah di Pulau Jawa, yang antara lain menyebut Jokowi sebagai keturunan Tionghoa dan kaki tangan asing. Keduanya kemudian dihadapkan ke muka persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dengan dakwaan melanggar Pasal 310 ayat (2) KUHP jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. (**H)


Sumber: VIVA





Berita Terkait

Tulis Komentar