Sebelum mencabut, ada 4 Fakta Menarik Uban yang Perlu Kamu Tahu

  • Kamis, 03 Mei 2018 - 07:28:29 WIB | Di Baca : 1622 Kali

SeRiau - Mendengar kata uban pasti bikin sebal banyak orang. Munculnya rambut putih itu kerap dibenci karena menunjukkan usia yang semakin tua.

Padahal munculnya uban bisa ditandai oleh sejumlah faktor. Meliputi merokok, stres, gaya hidup tak sehat, merupakan beberapa di antaranya yang dapat mempercepat pertumbuhan uban di kepala kita.

Bukan jadi hal yang mengherankan, jika banyak orang berusaha untuk mencabut atau mewarnai uban supaya tak mengganggu penampilan. Padahal sebelum melakukan kedua hal itu, kamu perlu mengetahui sejumlah fakta tentang uban.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut empat fakta uban yang perlu kamu tahu.

1. Akar rambut

Banyak yang tidak tahu sebenarnya akar rambut memiliki warnanya putih atau abu-abu. Barulah kemudian warna hitam, cokelat, kemerahan atau pirang didapat dari pigmen melanin yang memberinya warna seiring pertumbuhannya.

Namun karena pertambahan usia, sel-sel yang memproduksi melanin perlahan-lahan mati dan tumbuhlah rambut dalam warna aslinya yaitu keputihan, silver atau abu-abu.

2. Gaya hidup

Merokok, stres, pola makan yang buruk, serta munculnya penyakit tertentu mampu membuat uban bertumbuh lebih cepat. Jadi sangat penting untuk menjaga gaya hidup sehat, ini diperlukan agar penundaan penuaan.

Salah satu penyebab utama penuaan dini adalah kurangnya asupan vitamin B12. Jadi pastikan kebutuhan vitamin ini tercukupi setiap hari.

3. Mitos mencabut uban

Banyak mitos yang berkembang jika mencabut uban maka akan membuat uban tumbuh lebih banyak, namun hal itu tidak benar. Karena sebenarnya adalah setiap folikel hanya menghasilkan satu rambut.

Jadi, saat Anda mencabut satu rambut, maka folikel yang lain tidak akan menghasilkan uban.

4. Penyebab utama uban

Fakta yang terakhir tidak bisa lagi dipungkiri, uban tumbuh karena faktor usia. Hal ini karena ketika Anda bertambah tua maka sel penghasil pigmen rambut akan mati dan membuat uban muncul.


Sumber : liputan6.com





Berita Terkait

Tulis Komentar