Tampilan dan Cara Pakai Layanan Kencan 'Online' Facebook

  • Rabu, 02 Mei 2018 - 06:20:55 WIB | Di Baca : 1343 Kali

SeRiau - Saat berbicara di atas panggung Konferensi F8, CEO Facebook Mark Zuckerberg sempat menunjukkan bagaimana tampilan aplikasi kencan online yang tengah dikembangkan. 

Dari tampilan di belakang layar, tampak bahwa aplikasi tersebut memiliki tiga fitur utama yakni profil kencan (dating profile), ketertarikan (interested) yang ditandai dengan ikon hati, dan pembicaraan (conversation). 

Tiga fungsi utama itu disertai dengan foto pengguna yang memenuhi layar ponsel di bagian bawah. 

Dalam prototipe yang ditunjukan Zuck, fitur kencan online ini nantinya bisa diakses dengan menyentuh ikon hati di pojok kiri atas aplikasi Facebook. Setelah ditekan, pengguna akan masuk ke profil kencan yang telah disebutkan di atas. 

Cara kerja 

Pada prototipe yang ditunjukkan itu diatas panggung, fitur kencan ini juga memungkinkan pengguna melihat acara apa yang akan dilaksanakan. Mereka juga bisa melihat siapa saja yang akan datang dan mengirim mereka pesan. 

Pengguna bisa memulai pembicaraan dnegan mengomentari foto mereka misalnya. Namun, untuk alasan keamanan, komentar hanya bisa dilakukan dalam bentuk teks. 

Setiap kegiatan yang dilakukan di layanan kencan online ini juga tak akan muncul di News Feed pengguna. 

Fitur baru ini sepertinya tak memiliki fitur untuk menggeser (swipe) foto profil pengguna lain ke kiri atau kanan. Fitur menggeser foto profil ini menjadi ciri khas dengan aplikasi kencan lain pesaing Facebook. 

Dalam presentasi terpisah, Facebook Chief Product Officer Chris Cox menyebut akan membagikan detil lebih banyak dalam beberapa bulan mendatang. 

Fox menyebut bahwa ide membuat layanan kencan online telah ia pikirkan sejak pertama bergabung dengan Facebook pada 2005. 

Namun, perusahaan baru mempertimbangkan layanan ini secara serius pada 2016. Setelah Zuckerberg mengeposkan cerita soal menemukan pasangan lewat Facebook. 

Cerita itu ditanggapi oleh banyak pengguna yang menceritakan bahwa mereka juga menemukan pasangan berkat Facebook.

"Hal itulah yang mendorong kami untuk segera mengerjakannya."

Terlalu sederhana

James Cordwell, analis dari Atlantic Equities menyebut bahwa fungsi layanan kencan onlineFacebook terbilang terlalu sederhana dibanding kompetitor-kompetitornya. 

"Fungsi awal ini tampak sangat mendasar dibanding fitur yang diberikan oleh layanan Match," jelasnya seperti dikutip Reuters.

Match sendiri adalah perusahaan yang membawahi Tinder dan OkCupid. Perusahaan ini juga menyebut dirinya sebagai pemimpin dunia dalam hal kencan online, seperti tertulis dalam situsnya. 

Saham Match sendiri jatuh 23 persen setelah CEO Facebook, Mark Zuckerberg, mengumumkan akan masuk ke layanan kencan online. Sementara saham IAC, perusahaan induk Match, jatuh 15 persen. 


sumber CNN Indonesia





Berita Terkait

Tulis Komentar