Jangan Sia-siakan, Ini Keistimewaan Puasa di Bulan Sya'ban

  • Senin, 30 April 2018 - 14:33:17 WIB | Di Baca : 2411 Kali

SeRiau - BULAN Sya'ban merupakan salah satu bulan yang memiliki banyak keutamaan. Beberapa amalan yang Jangan Sia-siakan, Ini Keistimewaan Puasa di Bulan Sya'ban antara lain adalah membaca Alquran dan memperbanyak salawat.

Berpuasa di bulan Sya'ban mungkin tidak sepopuler puasa sunah lain yang banyak disebutkan dalam ceramah ataupun pengajian. Kendati demikian, puasa bulan Sya'ban sering dilakukan oleh Nabi.

Dalam sebuah hadis riwayat Imam al Bukhari disebutkan diriwayatkan dari Abu Salamah, bahwa Aisyah berkata: "Nabi tidak berpuasa pada satu bulan lebih banyak selain di bulan Sya’ban. Sesungguhnya Nabi berpuasa pada bulan Sya’ban (seolah-olah) pada seluruh bulan.”

Kendati tidak setiap hari, namun karena saking seringnya Nabi berpuasa di bulan Sya'ban, maka disebutkanlah seolah Nabi berpuasa di bulan Sya'ban setiap hari.

Berada di antara dua bulan yang agung dan kerap dirayakan, yaitu bulan Rajab yang termasuk bulan haram [mulia], dan bulan Ramadan yang merupakan bulan puasa, orang-orang menjadi disibukkan dengan dua bulan itu.

Dilansir dari situs Nu.or.id seperti dikutip Solopos.com, Senin (30/4/2018), Ibnu Hajar al Asqalani menyebutkan dalam Fathul Bari Syarh Shahih al Bukhari Aisyah juga meriwayatkan bahwa Nabi banyak berpuasa di bulan Sya'ban karena pada bulan tersebut ajal seorang manusia dicatat, dan Nabi ingin ajal beliau dicatat saat sedang berpuasa.

Dapat kita simpulkan tujuan Nabi banyak berpuasa di bulan Syaban adalah sebagai ajaran kepada umatnya bahwa bulan Sya'ban adalah momen diangkatnya amal perbuatan. Ketika dalam keadaan berpuasa, tentu itu hal yang baik.

Nabi menyebutkan keutamaan bulan Sya'ban itu kerap terlupa karena fokus kebanyakan masyarakat teralih pada dua bulan yang mengapitnya, yaitu Rajab dan Ramadan. Padahal, bulan Sya’ban sendiri bisa menjadi bulan persiapan dan ‘pemanasan’ untuk meningkatkan ibadah di bulan Ramadhan nanti.

 


sumber Okezone





Berita Terkait

Tulis Komentar