Jor-joran Mobil dan Motor Baru di Tahun Politik

  • Kamis, 12 April 2018 - 06:36:55 WIB | Di Baca : 1396 Kali

SeRiau – Setiap tahun, ada dua pameran otomotif berskala internasional yang digelar di Indonesia, Indonesia International Motor Show atau IIMS dan Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS.

Gelaran akbar tersebut dimanfaatkan sejumlah produsen kendaraan, baik roda dua maupun empat, untuk memamerkan produk baru mereka.

Bahkan, tidak jarang acara pameran dijadikan sebagai panggung peluncuran produk baru. Harapannya, selain menambah gengsi merek tersebut, pengunjung pameran tertarik untuk membawanya pulang ke rumah.

Meski demikian, masing-masing agen pemegang merek atau APM tidak mau mengaku bahwa produk baru yang mereka hadirkan adalah untuk menyaingi kompetitor, terutama di segmen yang sama.

Seperti yang dikatakan oleh Direktur Pemasaran dan Purna Jual PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy.
"Kami enggak pernah respons kompetitor. Karena, enggak mungkin setiap kompetitor ada produk baru kami respons. Jadi, yang kami respons adalah keinginan konsumen," ujarnya beberapa waktu lalu.

Selain konsumen, pertimbangan lain yang dijadikan patokan oleh APM untuk menghadirkan banyak produk baru adalah situasi politik di Tanah Air. Sebab, tahun ini kerap disebut sebagai tahun politik, akibat dari adanya persiapan sebelum digelarnya Pemilihan Umum 2019.

Hal itu dilakukan oleh BMW Indonesia. Meski berada di tahun politik, Presiden Direktur BMW Group Indonesia, Karen Lim mengatakan, ia berharap penjualan BMW di Indonesia tetap mengalami pertumbuhan.

'Tahun ini kami tetap mengikuti apa pun situasi. Mungkin tidak mudah menghadapinya, tetapi kami terus optimistis bisa mencapai raihan positif," kata Karen di Jakarta.

Harapan penjualan tetap baik di tahun politik, kata Karen, bukan tanpa alasan. BMW sudah menyiapkan berbagai strategi untuk tahun ini, salah satunya dengan menyiapkan model-model anyar untuk masyarakat.

"Kami bawa 10 model baru. Jadi kami yakin, mobil-mobil BMW ini bisa diterima masyarakat meski tahun ini tahun politik. Kami juga meningkatkan pelayanan, sehingga konsumen merasa tetap nyaman menggunakan produk BMW," tuturnya.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia juga mengaku optimistis berjualan mobil di Indonesia tahun ini.

Menurut Director of Sales and Marketing Division MMKSI, Irwan Kuncoro, optimisme tersebut timbul lantaran kondisi ekonomi Indonesia dianggap sudah membaik.

Ia menjelaskan, turunnya penjualan kendaraan penumpang di 2017 disebabkan oleh tingginya kenaikan penjualan yang terjadi di tahun sebelumnya.

"Dengan Xpander booming, kami optimis bisa tingkatkan penjualan dan pangsa pasar. Dari sisi situ kami bisa optimis," ujar Iwan.

Berikutnya, mobil dan motor baru>>>
Mobil dan motor baru di IIMS 2018
Pada IIMS tahun ini, Toyota akan memamerkan dua mobil anyar, sedan Vios dan yang pertama kalinya di Indonesia, C-HR.

Sedan Vios sudah diluncurkan oleh PT Toyota Astra Motor beberapa hari lalu, sedangkan C-HR akan dibuka selubungnya pada 10 April 2018.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia sebagai distributor kendaraan penumpang Mitsubishi di Indonesia bakal meluncurkan dua produk, Pajero Sports Limited Edition dan Varian baru Mitsubishi Triton.

Sementara itu, PT Honda Prospect Motor sebagai pemegang merek mobil Honda akan membawa produk penyegaran. PT Mazda Motor Indonesia akan memperkenalkan teknologi mesin SkyActiv X untuk penggemarnya di Indonesia.

Pameran otomotif IIMS 2018 juga akan diramaikan dua merek China. DFSK memboyong SUV Glory 580, sedangkan Wuling Motors memajang Confero S dan Cortez.

Untuk kendaraan roda dua, BMW Motorrad akan menampilkan dua motor baru, yakni HP 4 Race dan S 1000 R. Merek Royal Enfield yang bakal meluncurkan produk Himalayan.

Tak hanya itu, merek motor Spanyol GasGas juga akan menampilkan motor trail untuk penggemar motor off-road.
Sementara itu, HPM akan menghadirkan sebuah kejutan bagi pecinta otomotif di dalam negeri. Disebut-sebut, mereka akan membawa mobil konsep terbaru.

“Iya nanti ditunggu, bisa dilihat nanti di IIMS," kata Jonfis kepada wartawan di Jakarta, Selasa, 10 April 2018.

Menurut dia, mobil konsep tersebut belum pernah diperkenalkan di sejumlah negara. Ia mengklaim, Indonesia akan menjadi negara pertama yang bakal menampilkan mobil konsep tersebut.

"Iya world premiere, belum pernah di mana-mana. Makanya nanti lihat saja di IIMS," ujarnya.

Tak hanya mobil, pabrikan motor juga berniat tampil habis-habisan di pameran tersebut. PT Suzuki Indomobil Sales selaku agen pemegang merek Suzuki di Indonesia, tentu tak mau melewatkan hajatan tahunan ini.

Kepala Pemasaran dan Penjualan Suzuki Divisi Roda Dua, Yohan Yahya, mengaku pihaknya bakal membawa 'senjata' untuk memeriahkan gelaran otomotif tersebut.

"IIMS kami akan ikut juga di sana. Akan ada kejutan di sana. Ditunggu saja," kata Yohan kepada VIVA di Jakarta, Rabu 11 April 2018.

Yohan enggan berkomentar lebih dalam perihal produk baru apa yang akan dibawanya ke IIMS nanti. Yang jelas, menurutnya, motor tersebut bukan di segmen sport. Meski kuda besi itu sedang bergairah di Tanah Air.
"Bukan, bukan motor sport," ujarnya. 


sumber VIVA





Berita Terkait

Tulis Komentar