Karlmann King Disebut Sebagai SUV Termahal di Dunia

  • Jumat, 23 Maret 2018 - 15:25:48 WIB | Di Baca : 1636 Kali

SeRiau - Perusahaan asal China IAT Auto Technology meluncurkan kendaraan jenis SUV (sport utility vehicle) yang dijuluki Karlmann King.

Hasil penelusuran CNNIndonesia.com, namanya merujuk kepada nama Raja Karlmann (28 Juni 751 - 4 Desember 771). Karlmann dianggap oleh para sejarahwan sebagai pendahulu Charlemagne sebagai seorang kaisar paling berkuasa akhir abad ke-8 dalam sejarah Eropa.

Untuk menjaga eksklusivitas para pemiliknya, IAT hanya memproduksi mobil ini sangat terbatas, yaitu sembilan unit di dunia.

Media di Eropa menyebut SUV Karlmann King dijual US$2 juta (Rp27 miliar), atau melebihi harga Rolls-Royce Cullinan yang dibanderol Rp25 miliar. Harganya yang fantastis diakui sebagai SUV paling mahal di dunia.

Harganya bisa lebih tinggi jika ada konsumen yang ingin pesan custom dengan bodi baja antipeluru, yaitu bisa tembus US$3,8 juta (Rp52 miliar).

Mobil ini menggunakan basis Ford F-550 dengan jantung penggerak V10 6.800cc menyemburkan tenaga 362 hp dan torsi 620 nm.

Karlmann King memiliki dimensi lebar 2,5 meter dan tinggi lebih dari 1,8 meter dengan berat enam ton. Bobotnya di atas rata-rata mobil pernumpang pada umumnya itu akhirnya membatasi lajunya, atau hanya mampu melesat hingga kecepatan maksimal 140 kilometer per jam.

Karlmann King tampil pertama kali di dunia pada Beijing Auto Show 2016 yang saat itu membidik kalangan kelas atas asal Timur Tengah. Klaim perusahaan, mobil dirancang oleh tim yang terdiri dari lebih dari 1.800 orang.

Karena pasarnya konsumen berkocek tebal, untuk urusan interiornya juga didesain sangat nyaman seperti kabin pesawat jet pribadi, mulai kursi, ambient light, retractable widescreen TV, lemari es, meja yang bisa dioperasikan secara elektrik hingga emas di beberapa bagian. 

sumber CNN Indonesia





Berita Terkait

Tulis Komentar