Meski Sempat Menangis, Setnov Tak Akui Turut Terima Uang e-KTP

  • Kamis, 22 Maret 2018 - 13:32:01 WIB | Di Baca : 1257 Kali

SeRiau - Mantan Ketua DPR Setya Novanto buka-bukaan soal kasus e-KTP. Sambil menangis, ia mengaku sudah mengembalikan uang Rp 5 miliar terkait proyek e-KTP kepada KPK. Menurut Setya Novanto, uang itu merupakan uang e-KTP yang digunakan keponakannya untuk kepentingan Rapimnas Partai Golkar.

Ia kemudian menyebut sejumlah nama yang turut menerima uang terkait proyek e-KTP. Kendati demikian, ia membantah juga turut menerima uang dari proyek senilai Rp 5,9 triliun itu.

Hal tersebut terungkap dari keterangan Setya Novanto saat diperiksa sebagai terdakwa di Pengadilan Tipikor Jakarta.

Awalnya, hakim sempat mengkonfirmasi soal adanya istilah mengawal anggaran terkait proyek e-KTP kepada Setya Novanto. namun ia membantah soal hal tersebut.

"Kalau sepanjang saya sampai menjadi Ketua DPR itu tidak ada pengawalnya," kata Setya Novanto dalam keterangannya sebagai terdakwa, di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (22/3).

"Biasanya pemerintah dan DPR kawal khusus saja masing-masing departemen anggarannya," imbuh dia.

Hakim masih tetap mencecar Setya Novanto soal kesulitan pencairan anggaran terkait proyek ini yang menyebabkan rekanan kesulitan mengerjakannya. Ia lantas mengakui bahwa proyek e-KTP merupakan proyek besar namun belum siap secara dana.

"Menurut saya kesiapan dananya itu belum siap," ujar dia.

"Untuk pencairan dana itu, apakah harus ada feeyang diberikan?" tanya hakim.

"Mestinya enggak ada, Yang Mulia, yang harus diberikan. Kalau itu mestinya pribadi masing-masing. Tapi biasa harusnya enggak ada," jawab Setya Novanto. Bahkan ia mengklaim hingga menanyakan kepada sejumlah orang terkait hal tersebut.

Kendati demikian, Setya Novanto mengaku tidak ikut menerima uang tersebut.

"Alhamdulilah selama ini saya enggak pernah nerima uang. Tapi apapun yang diputuskan saya menghormati," ujar dia.

"Saudara enggak nerima?" tanya hakim.

"Tidak, Yang Mulia," kata dia.


sumber kumparan





Berita Terkait

Tulis Komentar