Polri Selidiki Anggotanya yang Jadi Anggota Surabaya Black Hat

  • Jumat, 16 Maret 2018 - 17:35:55 WIB | Di Baca : 1363 Kali

SeRiau - Polda Metro Jaya telah mengungkap kelompok peretas yang tergabung dalam Surayabya Black Hat (SBH). KPS (21), ketua dari Komunitas Surabaya Black Hat (SBH), telah ditahan di Polda Metro Jaya. Dia ditahan karena membobol ribuan situs, dan diantaranya milik pemerintah Amerika Serikat.

KPS dalam wawancara dengan wartawan pada Kamis (15/3) memberikan pengakuan blak-blakan soal sepak terjang kelompoknya. KPS menyebutkan, beberapa anggota SBH ada yang juga berasal dari anggota kepolisian. 

Menanggapi hal tersebut, Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Setyo Wasisto mengatakan pihaknya akan segera menyelidiki anggota kepolisian yang ikut dalam jaringan perertas SBH ini. 

"Nanti kita lihat anggota Polisinya siapa, nanti kita akan di selidiki," ujar Setyo di Mabes Polri, Jumat (16/3). 

KPS dan beberapa rekannya ditangkap petugas Polda Metro Jaya yang bekerjasama dengan FBI. Anak-anak muda yang masih duduk di bangku kuliah ini mengaku iseng melakukan hacking atau peretasan. 

Pelaku kemudian menghubungi korban dan mengancam akan menyebarkan data pribadi mereka. Sebagai gantinya, pelaku meminta sejumlah uang kepada korban. Mereka menggunakan PayPal dan Bitcoin sebagai wadah mengumpulkan uang hasil pemerasan itu.

 

sumber kumparan





Berita Terkait

Tulis Komentar