Pembobol Bank DBS Sengaja Nikahi WNI Untuk Buka Rekening di RI

  • Jumat, 09 Maret 2018 - 17:14:08 WIB | Di Baca : 6730 Kali

 

SeRiau- Pembobol Bank DBS, MCI yang merupakan warga negara asal Nigeria, Afrika, diduga sengaja menikahi WNI berinisial BFH. Modus ini dilakukan agar MCI lebih mudah membuka rekening di Indonesia. 

"Mungkin salah satu modus menikah untuk memudahkan dia (MCI) membuka rekening di Indonesia," kata Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus, Brigjen Agung Setya dalam jumpa pers di Gedung KKP, Bareskrim Polri, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (9/3/2018).

Agung mengatakan BFH memiliki pekerjaan ibu rumah tangga di Indonesia. Atas permintaan suaminya, BFH membuka beberapa rekening di Indonesia untuk menampung hasil kejahatan MCI. 

"Sindikat yang sama, karena perintah untuk melakukan atau penarikan dan pemindahan dari rekening menggunakan satu email yang masuk ke DBS Singapura.

"BFH ini memiliki suami warga negara Afrika yang kemudian ternyata penggunaan rekening itu atas permintaan dari suaminya dan kemudian rekening itu menampung dari pembobolan uang yang dari Singapura yang kemudian uangnya ditarik secara tunai," ucap Agung.

Dana yang dikirim Bank DBS Singapura ke BFH kemudian diserahkan kepada MCI untuk keperluan mereka. "Kemudian diserahkan kepada suaminya dan dipakai untuk dirinya dan keluarganya," ucap Agung. 

Sebelumnya, MCI menggunakan modus email hijacking untuk meminta Bank DBS mengirimkan sebanyak USD 1.860.000 ke Hongkong, China dan Indonesia. Transaksi ini dilakukan setidaknya hingga 9 kali dengan mengunakan rejeki nasabah Green Palm Capital Corp dan Dali Agro Corps.

BFH dan MCA diduga melakukan Tindak Pidana Transfer Dana Tanpa Hak dan atau Tindak Pidana Pemalsuan dan Tindak Pidana Pencucian Uang dengan hukuman 15 hingga 20 tahun penjara. ( Sumber : Detiknews.com)





Berita Terkait

Tulis Komentar