Mobil Putih Paling Aman Dibanding Warna Lain, Mitos Atau Fakta?

  • Sabtu, 03 Maret 2018 - 15:12:29 WIB | Di Baca : 862 Kali

SeRiau - Beredar mitos di masyarakat bahwa mobil dengan warna putih lebih jarang terlibat kecelakaan jika dibandingkan dengan warna lain. Tak diketahui alasan beredarnya pendapat ini.

Jika dilogika, mobil putih sangat kontras dengan aspal dan daerah di sekitarnya yang cenderung memiliki warna berbeda. Hal ini membuat pengguna jalan lain mudah menyadari kehadiran mobil tersebut.

Ketika kondisi jalanan yang gelap, mobil putih juga lebih mudah terlihat. Pantulan sinar dari berbagai sumber cahaya, baik alam maupun buatan, lebih kuat dipancarkan oleh mobil putih, meskipun varian white matte sekalipun.

Loading...

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Monash University Accident Research Centre, Australia, dijelaskan bahwa mobil berwarna hitam memiliki risiko 12% lebih besar dibandingkan dengan mobil putih.

Mobil teraman berikutnya ialah warna merah, silver, dan abu-abu. Namun, bukan berarti mobil putih pasti akan terhindar dari kecelakaan. Pengenara dituntut untuk tetap waspada dan berkonsentrasi saat mengemudi.

(sumber Otosia.com )




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar