MENU TUTUP

Peredaran Rokok Ilegal di Riau Marak,LIPHI Desak BC Untuk Menumpasnya

Ahad, 29 Januari 2023 | 15:38:55 WIB | Di Baca : 2685 Kali
Peredaran Rokok Ilegal di Riau Marak,LIPHI Desak BC Untuk Menumpasnya

 

SeRiau-Maraknya peredaran rokok illegal di Riau, menjadi sorotan dari berbagai pihak. Salah satunya datang dari Ketua Lembaga Independen Peduli Hukum Indonesia (LIPHI), Edwar Pasaribu, SH mendesak agar Bea Cukai menumpas peredaran rokok ilegal tanpa dilekati pita cukai di Riau. 

Hal itu disampaikannya menanggapi maraknya peredaran rokok ilegal di Riau, Minggu (29/01/2023). "Kami mendesak agar Bea Cukai bersikap tegas menumpas peredaran rokok ilegal di Provinsi Riau dari hulu hingga hilirnya, karena merugikan penerimaan negara," kata Edwar. 

Untuk itu, Edwar Pasaribu yang juga berprofesi sebagai Advokat ini, meminta agar Bea Cukai melakukan penegahan peredaran rokok ilegal di toko toko dengan melibatkan berbagai instansi yang berwenang.

Tak hanya itu, disampaikan Ketua LIPHI, Bea Cukai juga diminta agar mengawasi dengan ketat pelabuhan di sejumlah daerah di Riau yang diduga menjadi pintu masuknya rokok ilegal. Seperti, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Dumai, Rokan Hilir (Rohil) dan Bengkalis. 

Dalam melakukan penindakan, LIPHI meminta Bea Cukai tidak hanya  menyita rokok ilegal saja, tetapi harus 'menyeret' para pelaku untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya sesuai dengan peraturan yang berlaku. "Dengan demikian ada efek jera. Jika tidak, maka akan sulit memberantas peredaran rokok ilegal di Riau, karena para pelakunya tidak diberikan efek jera," kata Edwar. (Dedi Iswandi/Okta)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1
Semarak SMK 2024 Resmi Ditutup

Stand Terbaik di Raih MKKS Inhu, LKS Didominasi Dumai dan FLS2N Didominasi Pekanbaru

2

Afrizal Sintong Kembalikan Formulir Pendaftaran Calon Bupati ke DPD PKS

3

Kuasa Hukum Korban Penipuan Investasi Bodong di Dumai Lakukan Somasi Kepada Terduga Pelaku

4

Lulusan Institut MASTER, 80 Persen Sudah Bekerja dan Siap Jadi Agen Perubahan

5

Plt Kadisdik Riau Apresiasi Semarak SMK 2024 Tanpa Biaya APBD Riau