MENU TUTUP

PLN Apresiasi Aksi Cepat Polres Dumai Amankan Pencuri Besi Tower SUTT yang Bikin Listrik 44 Ribu Pelanggan

Rabu, 20 Juli 2022 | 19:05:22 WIB | Di Baca : 2737 Kali
PLN Apresiasi Aksi Cepat Polres Dumai Amankan Pencuri Besi Tower SUTT yang Bikin Listrik 44 Ribu Pelanggan


SeRiau - PT PLN (Persero) mengapresiasi gerak cepat Satreskrim Polres Dumai yang berhasil mengamankan Dua orang tersangka kasus pencurian besi tower Saluran Udara Tegangan Tinggi atau SUTT 150 KV section Dumai - Bagansiapiapi milik PLN.

Manager PLN UP3 Dumai, Hendra Manurung menjelaskan, aksi pencurian besi tersebut telah menyebabkan robohnya tower 41 SUTT 150 kV section Dumai - Bagansiapiapi sehingga menyebabkan 44.546 pelanggan Kabupaten Rokan Hilir mengalami pemadaman. Adapun total kerugian akibat kejadian ini mencapai Rp 2 miliar.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Polres Dumai atas keberhasilan segera meringkus pencuri tower yang menyebabkan kerugian banyak orang. Ke depannya kami akan terus bersinergi dengan kepolisian dalam mengamankan objek vital negara," ujar Hendra dalam press conference di Malpores Dumai.

Hendra menambahkan saat ini 100 persen penyaluran energi listrik ke pelanggan kembali normal berkat kerja cepat tim PLN mendirikan tower darurat, sebagai pengganti Tower 41 SUTT 150 kV Dumai-Bagan Siapiapi yang roboh. 

"Tower darurat yang dipasang bisa difungsikan untuk mengalirkan listrik ke sub sistem kelistrikan Provinsi Riau," kata Hendra. 

Menurut Hendra, dengan selesainya pembangunan tower darurat ini maka pasokan listrik dari Sistem Interkoneksi Sumatera ke Sub Sistem Provinsi Riau kembali normal dan tidak ada lagi kekurangan daya di Kabupaten Rokan Hilir.

"Puji Syukur, di tengah hutan sawit, kami berhasil menyelesaikan pengerjaan tower darurat ini dalam waktu 10 jam. Ini berarti 15 _Megawatt_ (MW) pasokan listrik untuk warga Rokan Hilir bisa seluruhnya terpenuhi " tambah Hendra.

Kapolres Dumai, Nurhadi menjelaskan terungkap kasus pencurian besi tower PLN tersebut, setelah pihak kepolisian Polres Dumai melakukan penyelidikan dan akhirnya menemukan kedua tersangkanya. 

"Kedua tersangka nekat mencuri menggunakan gergaji dan dijual ke penadah sebanyak 87 KG dengan harga  Rp 3.000 per kilogram,” kata Nurhadi

Menurut Kapolres Dumai, kejadian tersebut terungkap dari laporan PLN bahwa tower SUTT 150 KV roboh dikarenakan besinya telah hilang dicuri pada hari Sabtu tanggal 16 Juli 2022 sekitar pukul 10.30 WIB.

Aksi pencurian besi penyangga tower SUTT 150 KV, sangat membahayakan. Pasalnya, listrik yang dialirkan ini untuk menyuplai kebutuhan listrik ke Kabupaten Rokan Hilir dan sekitarnya.

"Tersangka akan kami tindak agar perbuatannya yang telah merugikan orang banyak tidak akan ditiru kembali," katanya. (*)


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Kapolres AKBP Indra Wijatmiko Merayakan HUT PGRI ke-77 dengan Guru se-Bengkalis

2

Ketua DPRD Rohil Terima LHP Kinerja Atas Efektivitas Manajemen Aset

3

Pengurus FSPSPKR Rokan Hilir Resmi di Kukuhkan

4

Porwanas XIII di Malang, PWI Riau Bawa Pulang 8 Medali Perunggu

5

UIR Rangking 27 Penerima Program Insentif Pengabdian Masyarakat 2022