MENU TUTUP

TNI AL Tangkap 3 WNI Perompak Kapal di Perairan Malaysia

Ahad, 03 Juni 2018 | 21:29:10 WIB | Di Baca : 1146 Kali
TNI AL Tangkap 3 WNI Perompak Kapal di Perairan Malaysia

SeRiau - Tim gabungan TNI AL Western Fleet Quick Respone (WFQR) Lantamal IV Tanjung Pinang dan Lanal Batam berhasil menangkap tiga orang yang menjadi otak perompakan kapal di Perairan Barat Pulau Aur, Malaysia. Mereka yang ditangkap ialah A, F dan N.

Danlanal Batam Kolonel Laut (E) Iwan Setiawan mengatakan penangkapan bermula dari laporan intelijen Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (APMM) terkait penangkapan pelaku perompakan Kapal MT Lee Boo di Perairan Barat Pulau Aur, Malaysia pada Jumat (1/6) dini hari.

Saat itu, perompak menggunakan kapal MT Bright yang berbendera Mongolia. Kapal tersebut diketahui milik Warga Negara Singapura berinisial OTY alias Mr. JT.

“Selanjutnya Tim Gabungan WFQR Lantamal IV dan Lanal Batam melaksanakan pemantauan terhadap aktifitas saudara A dan F yang diduga kuat sebagai otak jaringan pelaku perompakan,” ujar Iwan dalam keterangan tertulisnya Minggu (3/6).

“Pada tanggal 1 Juni 2018 sekitar pukul 08.30 WIB, Tim WFRQ Gabungan melaksanakan penangkapan saudara A dan F di Jalan Nuri No. 07 RT. 004 RW. 002, Kelurahan Batu Selicin, Kecamatan Lubuk Baja, Batam, selanjutnya keduanya diamankan di Mako Lanal Batam untuk pengembangan lebih lanjut,” tambahnya.

Setelah menangkap A dan F, petugas berhasil menangkap N pada Sabtu (2/6). Dari keterangan pelaku, diketahui A bertugas menyiapkan kapal MT Bright dan mengatur operasional perompakan. 

Sementara F bertugas mengatur pergerakan pelaku perompakan di laut, mencari kru Kapal MT. Bright sebanyak 10 orang dan memberikan posisi kapal yang akan dirompak kepada pelaku perompak di laut. Sedangkan N merupakan orang yang mengenalkan A dan F. 

“Dukungan dananya dari Mr. JT sebesar Rp 40.000.000. Sedangkan sebagai pemberi informasi kapal-kapal dari Singapura yang akan dirompak adalah saudara W yang merupakan Warga Negara Indonesia berdomisili di Jakarta,” ujarnya.

Selain pelaku, petugas juga mengamankan barang bukti berupa handphone, buku tabungan dan catatan lokasi kapal yang dijadikan target perompakan.

“Berhasil diamankan juga beberapa barang bukti antara lain handphone, buku tabungan dan catatan lokasi kapal yang dijadikan target perompakan,” ujar Iwan. (**H)


Sumber: kumparanNEWS


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pekanbaru Hadiri Panen Cabe Dan Sayuran di Marpoyan Damai 

2

Demi Target PAD, 2 Alat Berat Dinas PUPR Dumai Disewakan ke Perusahaan

3

Konfercab ke VII, Masrul Gusti Terpilih Jadi Ketua PWI Rohil 2022 - 2025

4

Wujud Kepedulian kepada Masyarakat, IOH Salurkan Bantuan kepada Korban Banjir dan Longsor Manado

5

Kepala Diskominfotik Rohil Buka Konfercab PWI Rohil ke VII