Gallery Foto Wisuda Sarjana dan Diploma Universitas Muhamadiyah Riau

Pekanbaru,SeRiau - Sebanyak 251 lulusan Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) diwisuda, Sabtu (18/11/2017). Dalam wisuda ke-13 itu, Nana Lestiana dari program studi Ilmu Komunikasi keluar sebagai pemuncak universitas dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,87 cumlaude.

Atas prestasinya itu, Nana diberikan tropi dan selempang langsung dari Rektor Umri, Dr Mubarak MSi. Sejumlah mahasiswa lainnya yang berhasil lulus dengan predikat cumlaude juga menerima selempang serupa.

Sebelumnya, Rektor juga memindahkan kucir pada toga para wisudawan sebagai simbol telah berhaknya mereka menyandang gelar diploma atau sarjana. Kepada para wisudawan, Rektor menyampaikan ucapan selamat karena mereka berhasil menyelesaikan masa perkuliahan dengan baik.

Dia berharap, para wisudawan mampu berkiprah di tengah-tengah masyarakat. Menurutnya, lulusan Umri harus menjadi sarjana yang berkualitas dan berkepribadian baik. Karena, selain menerima ilmu pengetahuan, waktu kuliah mereka juga dibekali dengan pendidikan karakter lewat materi Al Islam Kemuhammadiyahan.

Mubarak juga mengapresiasi para wisudawan yang dianggap ikut berperan membesarkan Umri. Dimana, dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah prestasi dan capaian positif telah ditoreh oleh Umri. Baik secara institusi, dosen maupun mahasiswanya.

Ditambahkannya, perkembangan Umri yang cukup membanggakan yaitu telah ditorehkannya Akreditasi Institusi Universitas dengan predikat B. Hal ini membuat Umri telah sejajar dengan universitas lainnya di Riau. Lalu, 13 program studi saat ini juga telah terakreditasi B.

Semua capaian Umri ini dipastikan Rektor bukan atas kerja keras satu pihak semata. Dia menjabarkan, semua terlibat memajukan Umri. Mulai dari cleaning service, sekuriti, pegawai, mahasiswa, dosen-dosen, dekan, wakil dekan, pembantu rektor sampai rektor.

Rektor juga menegaskan bahwa capaian dan keberhasilan yang diperoleh Umri saat ini bukan akhir segalanya. Tapi merupakan lompatan quantum menuju visi Umri. Dengan bersinerginya semua kekuatan ini, maka tidak harus menunggu terlalu tua untuk menikmati yang enak. Tapi sejak usia kampus ini masih muda pun, hal yang membanggakan sudah bisa dinikmati.

Dijelaskan Rektor, lompatan besar yang ingin ia capai kini di antaranya adalah diperolehnya akreditasi A untuk institusi Umri di tahun 2023. Hal ini tentunya diawali dengan beberapa prodi sudah terakreditasi A di tahun 2022.

“Salah satunya yang kami optimisi meraih akreditasi A yaitu Prodi Ilmu Komunikasi, Prodi Ilmu Hukum dan lainnya. Setidaknya 30 persen bisa meraih akreditasi A,” kata Rektor. Sementara, Prodi yang masih terakreditasi C ditargetkan 2 tahun kedepan sudah menjadi B. (zal)