68 Mahasiswa UIA Malaysia Kunjungi UIR, Encik Yusni: Kita Sama-sama Universitas Islam

  • Kamis, 25 Januari 2018 - 19:34:39 WIB | Di Baca : 268 Kali

 

Pekanbaru, SeRiau -  Sebagai universitas tertua dan terbesar di Kopertis X, Universitas Islam Riau tiada henti dikunjungi perguruan tinggi negara-negara sahabat. Salah satunya Universitas Islam Antarbangsa (UIA) Malaysia. Universitas bertaraf internasional itu, Rabu siang (25/1) berkunjung ke Kampus UIR di Perhentian Marpoyan Pekanbaru. Selain bertemu Rektor Prof. Dr. H. Syafrinaldi, UIA juga mendatangi  fakultas tertentu untuk melihat   prasana perkuliahan.

Universitas Islam Antarabangsa atau dikenal dengan International Islamic University Malaysia (IIUM)
merupakan university bertaraf internasional yang memiliki belasan ribu mahasiswa. Di universitas yang mahasiswanya datang dari berbagai negara ini,  proses belajar mengajarnya menggunakan Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Dalam muhibahnya ke UIR, rombongan UIA membawa 68 mahasiswa dan dua dosen senior, yakni Encik Yusni Yusuf dan Puan Nur'aini binti Muhammad Nuh.

Loading...

Di samping bertemu Rektorat UIR, rombongan UIA menyempatkan diri melihat sarana perkuliahan di Fakultas Hukum, termasuk bertemu dengan mahasiswa yang sedang belajar di ruang kelas. Mereka juga melihat perpustakaan dan ruang labor bersama Dekan Fakultas Hukum Dr. Admiral, SH, MH, Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Surizki Febrianto, Wakil Dekan Bidang Administrasi dan Keuangan Dr. Rasyidi Hamzah SH, MH serta Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni S. Parman, SH, MH.

Rektor UIR Syafrinaldi mengaku senang dapat menerima kunjungan dosen dan mahasiswa UIA. Guru besar HAKi ini berharap silaturrahmi UIA ke UIR berfaedah untuk kemajuan kedua pihak apalagi saat UIR sedang bekerja keras mewujudkan Visi 2020 untuk menjadi universitas Islam yang unggul dan terkemuka di Asia Tenggara. UIR, kata Rektor, hendaknya dapat mengikuti jejak UIA yang sudah menginternasional. Atau menjadi unuversitas internasional.

''Meskipun kunjungan ini sangat singkat, kami berharap UIA menjadi target kerjasama UIR seperti yang kami lakukan dengan unuversitas-univetsitas lain di Malaysia, yang telah lebih awal memiliki hubungan kerjasama dengan UIR,'' ujar Syafrinaldi.

Hal senada juga diamini Encik Yusni bin Yusuf. Ia menyebut, UIA dan UIR memiliki kesamaan, yaitu sebagai universitas yang berlandaskan Islam. UIA merupakan salah satu universitas leading di Malaysia yang keseharian nya menonjolkan Bahasa Inggris dan Bahasa Arab sebagai bahasa pengantar kuliah. ''Kami mengundang Pak Rektor berkunjung ke Malaysia dalam tempo dekat untuk melihat kampus UIA dan merencanakan hal-hal yang perlu dikerjasamakan,'' kata Encik Yusni.

Dalam menanti kedatangan UIA, Rektor didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. H. Syafhendry M.Si, Wakil Rektor Bidang Administrasi dan Keuangan Ir. Asrol, M.Ec, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Ir. Rosyadi, M.Sc, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dr. Evizal, 
Kepala Satuan Pengawasan Internal Hariswanto, SE, MSi, Ak, CA, CPA, dan Sekretaris Kepala Badan Hukum dan Etika, Wira Atma, SH., MH.*




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar