Sekdako Kembali Mangkir Dari Panggilan Bawaslu Riau

  • Jumat, 19 Januari 2018 - 12:06:16 WIB | Di Baca : 194 Kali

 


       
Pekanbaru, SeRiau- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau kembali memanggil Sekdako Pekanbaru HM Noer untuk dimintai klarifikasi soal kehadirannya dalam kegiatan syukuran di kediaman Walikota Pekanbaru yang kental dengan nuansa politis. Selain dirinya, syukuran dihadiri puluhan ASN Pemko Pekanbaru. Bahkan mereka sempat berfoto bersama dengan pasangan Firdaus-Rusli Effendi.

Pada pemanggilan pertama, HM Noer berhalangan hadir dengan alasan bertugas ke Jakarta. Dirinya sempat mengutus salah seorang Asisten untuk mendatangi Bawaslu, namun ditolak. Karena itu, hari ini Bawaslu kembali memanggil HM Noer untuk dimintai keterangannya. 

Loading...

Sesusai jadwal, HM Noer diundang pukul 09.00 WIB, namun pantauan wartawan di gedung Bawaslu Riau, sampai pukul 11.00 WIB Sekdako Pekanbaru masih belum terlihat hadir. "Kita akan lanjutkan, walau yang bersangkutan tidak datang," kata Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan kepada wartawan, pagi tadi.

Dikatakan, selanjutnya Bawaslu akan melakukan rapat pleno untuk menyimpulkan masalah tersebut dan melanjutkan laporannya kepada Menpan RB. Menurutnya, klarifikasi memang tidak wajib dilakukan dalam penanganan masalah pemilu. "Secara prinsip kejadian tersebut belum melanggar UU Pilkada, karena ASN pengaturannya berlaku saat kampanye. Meski demikian, ada Undang-undang lain yang mengatur tentang kode etik ASN untuk tidak terlibat politik praktis," ujar Rusidi.

Diberitakan sebelumnya, selain Sekdako HM Noer, Bawaslu juga memanggil tiga nama ASN yang hadir dalam acara syukuran tersebut. Ketiga ASN ini juga terindikasi melakukan pelanggaran terkait kehadiran mereka dalam kegiatan yang sarat dengan nuansa politis. ( sumber : Fokusriau.com)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar