Prodi IA Berakreditasi A FAI Raih ISO 9001 

Dalam Satu Pekan, UIR Mengukir 2 Prestasi

  • Jumat, 05 Januari 2018 - 09:04:38 WIB | Di Baca : 31 Kali

Pekanbaru, SeRiau - Civitas Akademika Universitas Islam Riau patut berbangga. Pasalnya dalam satu minggu, UIR sukses mengukir dua prestasi sekaligus, yakni diperolehnya status akreditasi A untuk program studi Ilmu Administrasi pascasarjana, dan diraihnya ISO 9001:2015 oleh Fakultas Agama Islam. 

Kepastian naiknya status Prodi Ilmu Administrasi dari B ke A itu disampaikan Ketua Prodi Ilmu Administrasi Pascasarjana, Lilis Suryani, Kamis sore (4/1). ''Alhamdulillah, akreditasi Prodi Ilmu Administrasi pascasarjana memperoleh nilai A. Terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu proses akreditasi Prodi Ilmu Adminitrasi baik langsung maupun tidak,'' kata Lilis Suryani. Kenaikan itu mengantarkan Ilmu Administrasi menjadi program studi kedua berstatus A setelah Prodi Ilmu Hukum.

Sementara itu ISO 9001:2015 yang diperoleh Fakultas Agama Islam (FAI) terungkap dalam Closing Meeting Audit Eksternal di FAI, Kamis sore yang dihadiri Rektor UIR Prof. Dr. H. Syafrinaldi, SH., M.C.L. ''Selamat kepada Dekan FAI dan jajarannya mendapatkan rekomendasi sertifikasi ISO 9001:2015 dari BSI. Semoga semakin berjaya, bersama kita bisa,'' komentar singkat Syafrinaldi. FAI merupakan fakultas kedua setelah Fakultas Hukum dalam memperoleh ISO.

ISO (International Organization for Standardization) merupakan sistem manajemen mutu untuk melakukan review dan perubahan secara berkala sesuai dengan kaidah yang diatur oleh ISO. Perubahan dilakukan dalam rangka mengimbangi standar perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta relevansi terhadap industry dan lingkungan makro organisasi yang mengadopsi sistem manajemen mutu. Review dan perubahan ISO 9001:2015 bertujuan antara lain memudahkan integrasi dengan sistem manajemen lainnya, menyediakan pendekatan yang integrative terhadap konsep manajemen organisasi dan memastikan standar internasional memenuhi kebutuhan seluruh bidang organisasi yang mengadopsinya. Juga meningkatkan kemampuan organisasi dalam memuaskan pelanggan.

Syafrinaldi memuji terobosan FAI yang dianggapnya terbilang luar biasa karena mampu memenuhi sejumlah catatan yang disarankan Team Leader BSI (British Standarts Institution)sehingga tidak ditemukan lagi ketidaksesuaian dalam pengintegrasian manajemen. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada team leader yang dalam beberapa hari telah menghabiskan waktu melakukan pemeriksaan manajemen Fakultas Agama Islam. 

Sebagai Pimpinan Universitas, katanya, ia memang berkomitmen untuk meningkatkan performa fakultas-fakultas yang ada di UIR. Setelah Fakultas Hukum yang memperoleh ISO pada April lalu, kini FAI. Besok dan seterusnya fakultas-fakultas lain, dan diharapkan seluruh fakultas  di lingkungan UIR telah berstandar internasional. 

“Raihan ISO 9001:2015 yang diremendasikan team leader BSI merupakan langkah nyata Fakultas Agama Islam mendukung sekaligus mempertahankan capaian akreditasi. Ini bukan semata keberhasilan FAI tetapi sekaligus UIR,” kata Syafrinaldi.

Rektor berpesan kepada seluruh dosen dan karyawan supaya tidak hanyut dan terlena dengan capaian ISO. Sebaliknya menjadikan sertifikat ISO sebagai starting point berbuat lebih baik dan lebih tepat agar FAI terus berjaya di masa mendatang. Tugas kita ke depan, lanjut ahli HAKI ini, mempertahankan ISO. “Fakultas Hukum dan FAI akan menjadi contoh bagi fakultas-fakultas lain di lingkungan UIR dalam manajemen mutu dan peraihan ISO,” ujar Syafrinaldi.*rls



Berita Terkait

Tulis Komentar