MTQ ke 14 Tingkat Kabupaten Rokan Hilir

" Wujudkan Masyarakat yang Gemar Membaca, Memahami dan Mengamalkan Al Quran "

BAGANSIAPIAPI, SeRiau.com – Musabaqah Tilawatil Quran merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh pemerintah ditingkat daerah, provinsi hingga nasional bahkanj internasional. Tujuannya untuk menggaungkan dan membumikan al quran sebagai pedoman dan petunjuk hidup bagi umat islam yang ada diseluruh dunia.

Mtq juga salah satu upaya untuk mendekatkan dan mengajak masyarakat untuk lebih membaca memahami dan mengamalkan isi al quran  didalam kehidupan sehari hari. Sepertinya halnya yang dilaksanakan oleh pemkab rohil rohil tahun ini.

Tepatnya pada tanggal 29 juli lalu, pemkab rohil menggelar mtq tingkat kabupaten yang ke 14 yang dipusatkan di taman budaya batu enam bagansiapiapi. Sebelum pembukaan pemkab rohil juga menggelar berbagai kegiatan diantaranya melaksanakan malam taaruf serta pelantikan dewan hakim dan majelis hakim dan pawai taaruf yang diikuti oleh kecamatan dan opd.

Malam taaruf dan pelantikan dewan hakim dan majelis hakim di gelar pada jumat malam dimess pemda jalan perwira bagansiapiapi. Dewan dan majelishakim yang diketuai oleh ferry h parya bertugas akan menilai para peserta lomba mtq dari berbagai cabang perlombaan. Dewan dan majelis hakim dilantik langsung oleh bupati rokan hilir suyatno yang disaksikan oleh ketua dprd rohil, para kepala opd serta para kafilah di 18 kecamatan se rokan hilir.

Dalam sambutannya bupati rokan hilir suyatno meminta agar dewan dan mejlis hakim bisa bersifat netral dan objektif dalam memberikan penilaian kepada para peserta lomba mtq agar menghasilkan para qori dan qoriah yang bermutu sehingga bisa untuk ditampilkan diajang mtq tingkat provinsi bahkan nasional.

Selain itu orang nomor satu di rokan hilir ini juga mengingatkan setiap kafilah tidak membenarkan membawa peserta dari luar daerah sebab tujuan digelarnya perlombaan tersebut untuk menyaring bakat putra dan putri daerah rohil.


 
Tahapan selanjutnya dalam mtq ke 14 tingkat kabupaten, pemkab rohil menggelar pawai taaruf Sabtu (29/7/2017) pukul 14.00 WIB berlangsung meriah.“Alhamdulillah saya sangat bergembira sekali, karena Pawai Ta’aruf MTQ tahun ini meriah,” ujar Bupati Rohil, H. Suyatno.

Ia mengaku kaget melihat partisipasi mulai dari tingkat kecamatan, sekolah, bahkan dinas instansi yang mengikuti kegiatan Pawai Ta’aruf kali ini ada peningkatan dari tahun ketahunnya.

“Ini menunjukkan kebersamaan kita, biarpun dana yang terbatas tapi semangat daripada MTQ ini terus mengembara, bergelora, sehingga semua kegiatan yang dilaksanakan hari ini saya memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta pawai,” ucapnya.

Adapun rute perjalanan pawai yang diikuti lebih kurang 3000 peserta itu dimulai dari Jalan Merdeka, Jalan Pahlawan, Jalan Bangko, Jalan Perwira, Jalan Riau, Jalan Perniagaan dan kembali ke Jalan Merdeka atau di Halaman Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Rohil.
                        
Pembukaan mtq ke 14 tingkat kabupaten rokan hilir dilaksanakan pada tanggal 29 juli tepatnya pada sabtu malam ditaman budaya batu enam bagansiapiapi. Mtq ke 14 rokan hilir dibuka secara resmi oleh bupati rokan hilir suyatno, Turut hadir dalam acara itu Ketua DPRD Rohil H. Nasrudin Hasan bersama sejumlah anggota, Wakil Bupati Drs. Jamiludin, Anggota DPRD Riau Siswadja Muljadi, Kapolres Rohil AKBP Hendry Posma Lubis SIK, Dandim 0321/Rohil Letkol Arh. Bambang Sukisworo, Kajari Rohil diwakilkan oleh Kasi Pidsus M. Amriansyah, Sekda Rohil Drs. H. Surya Arfan, Ketua Tim Penggerak PKK Hj Wan Mardiana Suyatno, Kakan Kemenag Rohil H. Agustiar, Sekretaris Masjid Istiqlal Jakarta H. Rusli Effendi, Ketua MUI, LDI, para Pejabat Tinggi Pratama, para Camat, Lurah/Penghulu dan tamu undangan lainnya.

MTQ kali ini mengangkat tema “Dengan MTQ  ke-XIV Tingkat Kabupaten Rokan Hilir Tahun 2017, Kita Tingkatkan Kecintaan Kita Pada Al-Qur’an dalam Rangka Mewujudkan Masyarakat yang Religius dalam Keluarga yang Beriman dan Bertaqwa”.

Bupati Rohil, dalam sambutannya mengatakan bahwa generasi Qur’ani itu bukan saja generasi muslim yang sadar akan kewajiban keagamannya dengan menempatkan Al-Qur’an sebagai sumber moral, tetapi juga mampu menyerap nilai-nilai Al-Qur’an tersebut sehingga dapat memposisikan dirinya sebagai pembawa perubahan dalam segala bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang bermuara pada terciptanya tatanan masyarakat yang adil dan beradab untuk membentuk Negeri Seribu Kubah yang Baldatun Toyyibatun Wa Robbun Ghofur sebagaimana yang diamanahkan dalam Al-Qur’an.
                               
Suyatno menambahkan Pada mtq ini tidak hanya menampilkan keindahan suara baca saja melainkan juga sebagai pendoroong masyarakat agar lebih suka dan gemar membaca memahami dan mengamalkan al quran dalam kehidupan sehari hari sebab al quirana merupakan tuntunan kehidupan umat islam diseluruh dunia.
 
Mtq diikuti sebanyak 433 peserta  yang akan mengikuti perlombaan sebnayak 7 cabang.sementara kafilah nya sebnayak 18 kafilah se rokan hilir. Mtq dilaksanakan dari tanggal 29 juli hingga 4 agustus.

Setelah berlangsung selama 5 hari, pelaksanaan mtq ke 14 tingkat kabupaten rohil resmi ditutup oleh wakil bupati rokan hilir pada jumat 4 agustus 2017. Penutupan juga disertai dengan pembagian hadiah kepada para pemenang lomba,dan juara umum pada MTQ Rohil ke XIV tahun 2017 diraih oleh kecamatan Kubu.

Dalam sambutanya, Wabup mengucapkan selamat dan sukses bagi pemenang lomba, dan bagi yang belum berhasil, ia menghimbau untuk terus berlatih dalam meningkatkan potensi diri dan tidak dampangmenyerah, 
"Bagi yang belum berhasil agar jangan patah semangat,mudahan akan lebih baik lagi pada kesempatan yg akan datang," ucap Wabup usai menutup ajang tahunan tersebut.

Wabup juga menuturkan, kedepannya para qori-qoriah yang terbaik akan dibina dengan berbagai pelatihan-pelatihan untuk menjadi duta mewakili Kabupaten Rohil dalam berlaga di tingkat provinsi nanti yang akan diadakan di Kota Madya Dumai, dan perwakilan nantinya murni putra daerah Rohil bukan sewaan yang ambil dari luar daerah.

"Mudah-mudahan dengan doa kita bersama khusunya masyarakat Rohil, hendaknya di ajang mtq tingkat provinsi kita tidak kalah saing dengan kabupaten yang ada, sekalipun kita tidak menang, tapi ini murni perjuangan putra daerah bukan diambil dari luar daerah," ujar Wabup Jamiludin.


 
Penutupan mtq ditandai dengan penekanan tombol sirinei oleh wakil bupati rohil didampingi sekda rohil ketua dprd, kakan kemenag rohil kapolsek bangkp serta dandim, selain itu wabup rohil juga berkesempatan menyerahkan pila bergilir kepada pemenang juara umum mtq ke 14 tingkat kabupaten rokan hilir yang diraih oleh kecamatan kubu.

Pasca berlangsungnya mtq ke 14 tingkat kabupaten rokan hilir bisa membawa perubahan bagi masyarakat terutama dalam hal membaca memahami dan mengamaklkan isi kandungan al quran, sebab jika masyarakat rohil yang sudah mempedomani al quran dalam kehidupan sehari hari maka kesejahteraan dan keberkahan akan bisa di raih oleh sebuah daerah. (ADV/HUMAS/PEMKAB)



Berita Terkait

Tulis Komentar